IKA UNPAD Kembali Gelar Vaksinasi Massal untuk Penyandang Disabilitas

vaksinasi massal ika unpad
Suasana vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas yang digelar oleh IKA UNPAD.

BANDUNG, LOMBOKTODAY.CO.ID – IKA UNPAD kembali menggelar vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas di Jawa Barat (Jabar), kali ini dilaksanakan di Kabupaten Bandung, Kota Bekasi dan Kabupaten Cimahi.

Selama 3 hari pelaksanaan yaitu tanggal 5, 6 dan 7 September 2021, telah berhasil divaksinasi lebih dari 2.000 sasaran penyandang disabilitas dan pendamping serta keluarga.

Ketua IKA UNPAD, Irawati Hermawan menjelaskan, di Jawa Barat saat ini terdapat sekitar 120 ribu Vaksin Sinopharm yang akan didistribusikan kepada penyandang disabilitas dan keluarganya selama Agustus—September 2021.

Irawati Hermawan yang juga Anggota Dewan Pakar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ini menambahkan, kegiatan ini juga merupakan pelaksanaan misi pengabdian masyarakat, IKA UNPAD bekerja sama dengan IKA FK UNPAD, membantu percepatan vaksinasi terhadap penyandang disabilitas di Jawa Barat.

Tidak kurang dari 20 kota dan kabupaten di Jawa Barat dikumpulkan untuk melakukan vaksinasi massal terhadap penyandang disabilitas, dengan target sasaran 20 ribu tervaksinasi hingga akhir September ini. Strategi vaksinasi masal sangat penting untuk penambahan penyerapan vaksinasi terhadap penyandang disabilitas secara kuantitatif.

Vaksinasi terhadap penyandang disabilitas, menurut Irawati, memiliki tantangan tersendiri, mulai dari pengumpulan sasaran yang tersebar, sehingga diperlukan adanya penjemputan. Pengumpulan biasanya dilakukan melalui kerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) dan komunitas. Mereka akan mengkoordinator akseptor untuk kemudian diadakan penjemputan ke tempat vaksinasi. Selain itu, penanganan akseptor disabilitas juga memerlukan penanganan tersendiri, dan prosentasi gagal vaksin biasanya lebih besar dari akseptor umum.

Saat ini, Sentra Vaksinasi Disabilitas IKA UNPAD sudah berhasil menyalurkan 8.000 dosis. Dan dalam waktu dekan akan kembali mengadakan vaksinasi di Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang dan Kota Bandung. Vaksinasi pertama diharapkan akan tuntas di tanggal 9 September dengan target 10 ribu akseptor, tinggal kemudian 10 ribu dosis lagi akan disuntikan pada vaksinasi ke-2 di akhir September ini.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here