Wagub NTB Minta Sistem Pelaporan Serapan Vaksin Covid-19 Dipercepat

Vaksinasi Massal di Desa Tetebatu
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat memantau penyelenggaraan vaksinasi massal di Kantor Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), pada Sabtu (18/9/2021).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah meminta agar sistem pelaporan serapan vaksinasi Covid-19 dipercepat. Hal ini penting guna memenuhi target dan percepatan pendistribusian vaksin ke NTB.

‘’Kalau sudah disuntikkan dosis vaksinnya, segera laporkan dan input ke aplikasi Kemensos RI. Supaya Pemerintah Pusat dapat mengetahui serapan vaksin. Sehingga droping vaksin ke NTB lancar dan terus bertambah. Karena selama ini, keterlambatan pasokan vaksin ke daerah akibat lambatnya Pemda memberikan laporan juga,’’ kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat memantau penyelenggaraan vaksinasi massal di Kantor Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), usai meninjau vaksinasi massal terhadap siswa di SMAN 1 Sembalun, pada Sabtu (18/9/2021).

Wagub yang didampingi Asisten I Setda Provinsi NTB ini terus mendorong percepatan serapan vaksinasi di seluruh wilayah NTB. Terutama daerah tujuan wisata, seperti Sembalun dan Tetebatu. ‘’Apalagi Desa Tetebatu merupakan nominator desa wisata dunia yang ditetapkan WHO,’’ ujarnya.

Termasuk persiapan NTB menyambut perhelatan akbar dunia World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 mendatang. Oleh sebab itu, serapan vaksinasinya harus mencapai target hingga 70 persen. Supaya masuk dalam zona hijau.

Wagub juga mengapresiasi penyelenggaraan vaksinasi yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi NTB bekerja sama dengan Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Timur (Lotim).

Usai menyapa warga yang antre di Desa Tetebatu, Wagub juga sempat meninjau pelayanan perbaikan E-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lotim. ‘’Ini ide yang bagus, selain melakukan vaksin juga membuka pelayanan dukcapil,’’ ungkap Wagub didampingi Kadis Kesehatan, Karo Umum dan Karo Kesra Setda Provinsi NTB.

Wagub juga berpesan kepada Kades Tetebatu untuk mendata dan memverifikasi data masyarakat miskin dengan sebaik mungkin. Karena, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus sesuai dengan kondisi rill masyarakat, sehingga bantuan dari pemerintah tepat sasaran. Cucu Pahlawan Nasional asal NTB ini juga berkesempatan melihat langsung Perpustakaan Desa dan Posyandu Keluarga.

Sebelumnya, mewakili Bupati Lombok Timur (Lotim), Sekda Lotim, HM Juani Taofik mengatakan, pihaknya terus menggenjot serbuan vaksinasi di Kabupaten Lotim. ‘’Dorongan dan perhatian Ibu Wagub NTB sangat luar biasa untuk percepatan vaksinasi Covid-19 ini,’’ kata Sekda.

Sehingga sinergi dan kolaborasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan vaksinasi massal akan menyasar di semua wilayah masyarakat Lombok Timur.

Setidaknya ada beberapa titik penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk 1.000 dosis di Kecamatan Sikur, yakni; di Kantor Desa Tetebatu, Mushalla Nurul Yaqin Dusun Kembang Sari Lauq, Lingkungan Baru BLK YPP Annasiria, Kantor Desa Tetebatu Selatan dan Gelanggang Kantor Desa Kota Raja.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here