KI NTB Rekomendasi 5 Desa Melaju ke Tingkat Nasional

KI NTB Audiensi dengan Wagub
Suasana audiensi KI NTB dengan Wagub NTB, di ruang kerja Wagub NTB.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB memberikan rekomendasi kepada 5 dari 10 desa terbaik yang telah mendapatkan Anugerah Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) untuk melaju ke tingkat nasional.

‘’Kami sudah memberikan anugerah DGIP kepada 10 desa terbaik dan 5 desa sudah kita rekomendasikan untuk melaju ke tingkat nasional,’’ kata Ketua KI NTB, Sansuri saat audiensi dengan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, di ruang kerja Wagub NTB, Selasa (5/9/2023).

Sansuri menyampaikan kepada Wagub terkait capaian dan prestasi-prestasi selama beberapa tahun pada badan publik Provinsi NTB yakni Indek Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) yang secara nasional NTB berada di posisi ke-3 dengan skor nilai 80,49.

NTB juga telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional, salah satunya adalah Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma yang mendapat Anugerah Tinarbuka peringkat ke-5 kategori penyelenggara perangkat daerah atau Kepala Dinas/Kepala Badan dan Direktur Rumah Sakit menjadi pertama kali mengukir sejarah.

‘’IKIP kita berada di posisi ke-3 tingkat nasional. Ini baru dan menjadi pertama kali badan publik kita RSJ Mutiara Sukma mendapat Anugerah Tinarbuka peringkat ke-5 secara nasional,’’ ujarnya.

Adapun menyangkut hasil pemantauan dan evaluasi terkait sejauhmana keterbukaan informasi publik, telah diimplementasikan di berbagai sektor pemerintahan NTB dan memaparkan beberapa desa yang telah menerima penghargaan DGIP sebagai pengakuan atas upaya mereka dalam mempromosikan keterbukaan informasi.

Sementara itu, Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah menyambut baik laporan tersebut dan mengapresiasi inisiatif Anugerah Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) yang memotivasi desa-desa di NTB untuk aktif dalam menyediakan informasi publik kepada warganya. ‘’Untuk keterbukaan informasi, kami Pemerintah NTB tetap support, dan intinya tetap dikomunikasikan,’’ kata Wagub.

Wagub menggarisbawahi pentingnya keterbukaan informasi dalam membangun pemerintahan yang akuntabel dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dan Pemerintah NTB akan terus mendukung upaya-upaya seperti ini yang memajukan transparansi dan akuntabilitas di tingkat desa. ‘’Pada intinya upaya-upaya seperti ini, pemerintah akan tetap support,’’ ucapnya.(smr)