Keren, Gamelan Srikandi NTB Tampil Memukau di Strand Mall Malaysia

Gamelan Srikandi NTB
Suasana pertunjukan Gamelan Srikandi NTB di sela-sela launching lapak NTB Mall, di Strand Mall Malaysia, Jumat (1/9/2023).

MALAYSIA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gamelan Srikandi NTB tampil memukau di Malaysia, pada Jumat (1/9/2023). Penampilan group musik tradisional yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah ini, unjuk kebolehan saat launching lapak NTB Mall, di Strand Mall Malaysia.

Pada pertunjukan itu, terlihat seluruh anggota Srikandi yang terdiri dari Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati bersama sejumlah kepala OPD perempuan lingkup Pemprov NTB, memainkan musik dengan penuh harmoni.

Semua anggota Gamelan Srikandi NTB menggunakan kostum kain khas NTB. Begitu juga dengan latar panggung, dihiasi kain khas tenun NTB. ‘’Alhamdulillah, Gamelan Srikandi NTB berhasil memukau Malaysia,’’ tulis Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djlaillah, di status media sosial FB-nya.

Srikandi NTB adalah sekumpulan perempuan hebat NTB yang lihai dan piawai memainkan Gamelan, alat musik tradisional NTB. Mulai terbentuk pada 2019 lalu, Srikandi NTB dipimpin langsung oleh Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati. Hingga saat ini, Srikandi NTB memiliki 20 anggota. Beberapa di antaranya adalah kepala OPD di NTB dan lainnya memiliki jabatan penting di berbagai instansi.

Srikandi NTB tampil di berbagai acara seperti di Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Launching Calender of Event NTB, HUT NTB dan berbagai acara lainnya. Dibentuknya Srikandi NTB sebagai wujud cinta dan keinginan kuat mempertahankan musik tradisional NTB. Serta, hadirnya Srikandi NTB untuk menunjukkan bahwa perempuan NTB mampu berdaya dan tak ada lagi dikotomi bagi perempuan NTB.(Sid)