Selama 10 Tahun Terakhir, Pembangunan Ekonomi dan Sosial Tiongkok Berjalan Pesat

Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong.
Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Selama 10 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, pembangunan ekonomi dan sosial Tiongkok berjalan pesat. Taraf hidup masyarakat Tiongkok juga meningkat secara signifikan.

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) di Denpasar, Zhu Xinglong mengatakan bahwa selain menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua, Tiongkok kini juga menjadi negara dengan output manufaktur terbesar dan nilai perdagangan terbesar di dunia.

Sementara di bidang ekonomi, dari tahun 2012 ke tahun 2021, PDB Tiongkok meningkat dari 53,9 triliun yuan menjadi 114,4 triliun yuan. PDB per kapita meningkat dari 6.300 dolar AS, menjadi 12.500 dolar AS.

Sedangkan di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam 10 tahun terakhir, Tiongkok berhasil mengangkat hampir 100 juta penduduk dari garis kemiskinan. Kemiskinan ekstrem telah sepenuhnya dientaskan untuk pertama kalinya dalam sejarah Tiongkok.

Bahkan Tiongkok, lanjut Zhu Xinglong, juga telah membangun sistem asuransi kesehatan dasar dan asuransi hari tua dasar dengan cangkupan lebih dari 1 miliar orang.

Begitu pula di bidang infrastruktur dan teknologi, selama satu dekade terakhir, panjangnya jalur kereta api cepat di Tiongkok meningkat dari 10.000 km menjadi lebih dari 40.000 km. Teknologi 5G, kendaraan energi baru, dan industry lainnya telah menduduki peringkat teratas. Selain itu, terobosan-terobosan juga tercapai dalam penerbangan luar angkasa berawak, eksplorasi mars dan sebagainya.

‘’Masyarakat Tiongkok saat ini penuh semangat dan harapan. Kami sedang berjuang untuk mewujudkan tujuan pembangunan seratus tahun sejak berdirinya RRT, yaitu menjadikan Tiongkok sebagai negara sosialis modern secara komprehensif pada pertengahan abad ke-21,’’ kata Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong kepada wartawan saat konferensi pers via zoom meeting, pada Senin (26/9/2022).

Hubungan Tiongkok – Indonesia  

Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong mengatakan, di bawah kepemimpinan kuat Presiden Xi Jinping dan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), hubungan Tiongkok – Indonesia telah terbangun di berbagai bidang.

Kerja sama yang saling menguntungkan kedua negara telah menjadi percontohan bagi negara-negara berkembang.

Sinergi pembangunan bersama inisiatif ‘’Belt and Road’’ Tiongkok dan ‘’Koridor Ekonomi Komprehensif Regional’’ Indonesia terus diperdalam.

Tahun 2021 lalu, volume perdagangan antara kedua negara naik hampir 60% dibanding tahun sebelumnya. Sinergi baru melalui empat pilar kerja sama yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan maritim ini juga telah terbentuk.

Bahkan belum lama ini, kata Zhu Xinglong, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Tiongkok, dan bersama Presiden Xi Jinping mencapai kesepakatan untuk bersama-sama membangun komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Indonesia. Hal ini tentu akan memberi dorongan kuat untuk hubungan bilateral kedua negara.

‘’Tiongkok dan Indonesia merupakan negara besar dengan ekonomi berkembang. Kita memiliki kepentingan bersama yang luas dan visi misi pembangunan yang serupa. Hubungan Tiongkok-Indonesia tidak hanya berpengaruh pada masyarakat kita, tapi juga mempengaruhi masyarakat kawasan dan dunia. Jadi, sangatlah penting bagi kita untuk terus memperdalam keselarasan strategi pembangunan dan meningkatkan kerja sama, berdasarkan arahan kepala negara kita,’’ ungkapnya.

Selain itu, lanjut Zhu Xinglong, juga perlu memperkuat koordinasi dalam urusan regional dan internasional, sehingga dapat memberi kontribusi lebih besar pada stabilitas dan pembangunan global di era pasca pandemi Covid-19.

‘’Sebagai informasi bahwa pada 1 Oktober 2022 ini, kita akan menyambut HUT berdirinya Republik Rakyat Tiongkok yang ke-73. Melihat kembali 73 tahun perjalanan RRT, Partai Komunis Tiongkok bersama dengan rakyat Tiongkok terus maju dan berjuang, sehingga Tiongkok dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan stabilitas sosial dalam jangka panjang,’’ katanya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *