Meriahkan HUT NTB ke-64, JMSI Gelar Lomba Baca Puisi Pelajar dan Karya Tulis bagi Mahasiswa

Rapat Pesiapan Lomba
Suasana rapat persiapan Lomba Baca Puisi Pelajar dan Karya Tulis bagi Mahasiswa yang digelar JMSI NTB, di Caffe Tuwa Kawa Gomong, Mataram, pada Jumat pagi (9/12/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Lomba Baca Puisi Pelajar (LBPP) SMA/sederajat dan Lomba Karya Tulis bagi Mahasiwa (LKTM).

Kedua jenis lomba yang akan ditutup pada 10 Desember 2022 itu, merupakan rangkaian untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB ke-64 Tahun 2022.

LBPP bertujuan meningkatkan apresiasi, kreativitas, semangat dan kepercayaan diri generasi muda dalam membangun Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang Gemilang melalui pembacaan puisi. Lomba yang digelar secara virtual tersebut, membacakan karya penyair nasional asal Sumbawa, H Dienulah Rayes.

“Langkah ini sekaligus sebagai upaya mengenalkan pelajar kepada penyair di daerahnya yang sudah malang melintang di dunia sastra,” kata Ketua Panitia Lomba, Riyanto Rabbah, di Mataram, pada Kamis (8/12/2022), seraya menyebut pembukaan kedua jenis lomba sudah berlangsung sejak 10 November 2022 lalu dan akan ditutup pada 10 Desember 2022.

Sebanyak 12 karya puisi Dienullah bisa dipilih untuk dibacakan dan direkam sendiri oleh peserta atau orang lain menggunakan kamera. Beberapa aspek yang dinilai di antaranya; meliputi vocal, penampilan dan penghayatan.

“Hingga saat ini, pendaftaran masih dibuka dan peserta yang sudah mendaftar berasal dari 25 sekolah di Pulau Lombok dan Sumbawa. Sekolah asal peserta yang ikut serta masih bisa lebih karena mereka cenderung menunggu hari terakhir,” ujarnya.

Sedangkan untuk lomba karya tulis menyasar mahasiswa perguruan tinggi di NTB. Lomba ini mengambil tema “Peran Generasi Muda NTB dalam Membangun Pariwisata dan Perekonomian Masyarakat Pasca Pandemi” dengan Sub Tema “Pelibatan Generasi Muda di Desa Wisata”, serta “UMKM dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat”.

“Tujuan diadakannya LKTM adalah meningkatkan daya kritis, kreativitas, produktifitas, dan semangat berkarya di lingkungan generasi muda,” ungkap Riyanto Rabbah seraya menambahkan bahwa JMSI NTB melihat perlunya membangkitkan semangat menulis di kalangan generasi muda dalam menggali potensi daerah.

Riyantio Rabbah menilai berbagai program pemerintah merupakan inspirasi dalam menuangkan gagasan dalam bentuk karya tulis. Sehingga, kata Riyanto Rabbah, menciptakan karya tulis akan memberi sumbangsih pemikiran, mengurai problem yang terjadi dan memberi sulosi.(Sid/jmsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *