Hilang Saat Menyelam, Nelayan Asal Lombok Tengah Ditemukan Meninggal di Pinggir Pantai

Tim SAR Mataram bersama nelayan dan warga saat mencari korban yang tenggelam di pantai Awang, Lombok Tengah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.IDSeorang nelayan bernama Amaq Zaini alias Santoso (37 tahun), warga Dusun Kelekuh, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) hilang saat menyelam mencari ikan di Dermaga 3 Pelabuhan Awang, Desa Persiapan Awang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, pada Sabtu (29/4/2023), sekitar pukul 23.00 Wita.

Menurut laporan yang diterima dari anggota Polsek Kuta pada Minggu pagi tadi (30/4/2023), nelayan tersebut menyelam bersama dua orang temannya jam 10 malam Sabtu kemarin (29/4/2023). Namun selang sejam kemudian, rekannya tidak melihat korban lagi dan dilakukan pencarian di sekitar lokasi mencari ikan dan di pesisir pantai, namun hasilnya nihil. Akhirnya kejadian tersebut pun dilaporkan ke pihak terkait.

“Kami kerahkan personil dari Pos Unit Siaga SAR Kuta Mandalika untuk melaksanakan pencarian,” kata Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, dalam keterangan resminya, pada Minggu (30/4/2023).

Wahyu menambahkan, pencarian di permukaan perairan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) dan perahu nelayan setempat. “Melalui penyelaman juga dilakukan pencarian di bawah air di sekitar lokasi kejadian,” ujarnya.

Korban akhirnya ditemukan pada pukul 13.00 Wita dalam keadaan meninggal dunia oleh warga sekitar di pinggir Pantai Awang, sekitar 2 Nautical Mile dari arah utara dari lokasi kejadian. “Selanjutnya dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah duka,” ucapnya.

Dalam operasi SAR ini turut melibatkan unsur dari TNI, Polri, BPBD, nelayan bumbang, waga setempat, dan lainnya.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *