Perayaan Lebaran Ketupat 2023, SAR Mataram Terjunkan Kekuatan Penuh

Tim SAR Mataram
Tim SAR Mataram saat melakukan patroli laut pada Lebaran Ketupat 2023, Sabtu (29/4/2023).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masih dalam pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran, Kantor SAR Mataram menambah jumlah personel dan alat utama (alut) yang disiagakan di destinasi wisata pantai pada Sabtu (29/4/2023). Hal ini dilakukan karena bertepatan dengan perayaan Lebaran Ketupat 2023.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi mengatakan, saat itu masyarakat Lombok sebagian besar berwisata ke pantai. “Pengamanan lebih difokuskan di wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat yang menjadi pusat konsentrasi kunjungan warga,” kata Wahyu saat memantau pelaksanaan siaga dari Posko SAR di Pantai Sunset Land.

Wahyu menyebutkan, alut yang digunakan antara lain kapal Rescue Boat (RB) 220 Mataram, Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, peralatan keselamatan dan evakuasi, serta kendaraan operasional seperti amphibious, truk rescue, truk personil, D-Max rescue dan peralatan pendukung lainnya. “Peralatan ini kita siagakan di pesisir pantai dan perairan,” ucapnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Pos Unit Siaga SAR Kuta Mandalika Lombok Tengah untuk wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Pos Siaga SAR Bangsal Lombok Utara untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU), dan Pos SAR Kayangan Lombok Timur untuk wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Sementara Pos SAR Sumbawa dan Bima masih tetap melakukan siaga SAR khusus Lebaran seperti sebelumnya. “Jadi kita terjunkan kekuatan penuh selama perayaan Lebaran Ketupat,” ungkapnya.

Kantor SAR Mataram senantiasa bersinergi dengan berbagai unsur potensi SAR dalam memberikan rasa aman dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau kondisi membahayakan manusia.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *