Tiga Hari dalam Pencarian, Ketiga Nelayan Ditemukan Selamat di Perairan Banyuwangi

Nelayan dan Tim SAR Gabungan
Ketiga Nelayan (foto kiri) dan Tim SAR Gabungan (foto kanan).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tiga orang nelayan asal Desa Kombang, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang dikabarkan hilang saat mencari ikan lantaran perahunya mengalami mati mesin, akhirnya berhasil ditemukan dengan selamat di perairan Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), pada Kamis pagi kemarin (15/6/2023). Ketiga nelayan tersebut yakni; Ahyar Rosidi (27 tahun), Haidir Hidayat (26 tahun), dan Padlianto (24 tahun).

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi menerangkan, ketiga nelayan tersebut ditemukan oleh nelayan setempat sekitar 28 NM dari bibir pantai, selanjutnya dievakuasi ke Desa Pancer, Kecamatan Pasanggaran, Banyuwangi. ‘’Kemarin malam mereka sudah dipulangkan menggunakan Kapal Ferry KMP Parama Kaliani, dari Ketapang-Banyuwangi ke Pelabuhan Lembar-Lombok Barat,’’ kata Wahyu, pada Jumat (16/6/2023).

Wahyu menjelaskan, ketiga nelayan tersebut diketahui berangkat ke perairan Sekotong sejak Jumat pekan lalu (9/6/2023) sekitar pukul 17.00 Wita, menggunakan perahu jenis Cilacap bertuliskan ‘’JOHNI SAPUTRA‘’. Terakhir nelayan tersebut terlihat pada Senin siang (12/6/2023) di sekitar Gili Sepatang mengisi bahan bakar perahunya. Tidak kunjung pulang hingga malam, akhirnya warga setempat melakukan pencarian dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak terkait.

Menerima informasi itu, Kantor SAR Mataram menerjunkan personelnya untuk melakukan pencarian menggunakan Kapal Rescue Boat (220) Mataram sejak Selasa pagi (13/6/2023). Memasuki hari ketiga pencarian, tim SAR gabungan menerima laporan dari pihak keluarga bahwa mereka telah ditemukan. ‘’Setelah dipastikan kebenaran informasi yang diterima, kami hentikan pencarian kemarin,’’ jelasnya sembari mengatakan bahwa operasi SAR ini melibatkan Kantor SAR Surabaya, TNI, Polri, BPBD, nelayan, masyarakat setempat, dan berbagai unsur dari potensi SAR wilayah Lombok Barat.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *