Dinas Sosial Menentukan Hasil Audit Lotim 2023 Apakah Akan Dapat WTP atau WDP

Mawardi Halil
Sekretaris Dinas Sosial Lombok Timur, Mawardi Halil.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hampir setiap tahun selama kepemimpinan SUKMA, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) selalu mendapat predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil pemeriksaan administrasi keuangan daerah. Sedangkan untuk tahun 2023 ini, proses pemeriksaan sedang berjalan. Di mana, Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur dijadikan sample pemeriksaan.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Sosial Lombok Timur, Mawardi Halil ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/8/2023) mengakui bahwa pihaknya sedang sibuk menghadapi pemeriksaan oleh tiga lembaga pemeriksa yaitu Inspektorat, Ombudsman, dan BPKP. Karena kata Sekdis, tahun ini Dinas Sosial jadi sample.

Khusus pemeriksaan oleh Ombudsman, jelas mantan Kabid Pelayanan Kesehatan Dikes Lotim itu, disasar lima OPD yaitu Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil.

Dalam proses pemeriksaan ini, lanjut Mawardi Halil, yang dibutuhkan adalah dokumen penilaian kepatuhan penyelenggara pelayanan publik tahun 2023. Karenanya, sebagai sample harus betul-betul secara detail melengkapi seluruh dokumen administrasi. ‘’Kami kerja ekstra untuk melengkapi semua dokumen yang akan diperiksa,’’ tutur Halil.

Kendati demikian, Halil mengaku optimis semua akan dapat dipenuhinya. Lagi pula lanjutnya, ini akan menentukan predikat Pemkab Lombok Timur untuk tahun 2023 ini apakah bisa mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau akan jatuh di lobang Wajar Dengan Pengecualian (WDP). ‘’Kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih yang terbaik,’’ ucapnya.(Kml)