Lombok Timur Gelar Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

Konsultasi Publik
Fose bersama usai menggelar konsultasi publik terkait RPJPD 2025-2045.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menggelar tahapan konsultasi publik terkait Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Konsultasi publik yang diikuti berbagai elemen, mulai dari pimpinan OPD, DPRD, akademisi, lembaga non pemerintah, hingga camat, berlangsung secara virtual, pada Senin (4/3/2024).

Penjabat (Pj) Sekda Lombok Timur (Lotim), H Hasni yang membuka kegiatan ini mengingatkan pentingnya konsultasi publik ini sebagai bagain dari penyempurnaan penyusunan RPJPD 2025-2045. RPJPD tersebut nantinya menjadi arahan Lombok Timur mewujudkan visi misi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terkait pokok pikiran DPRD, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Murnan menyampaikan bahwa pembangunan membutuhkan perencanaan berjenjang dan berkelanjutan. Aspek lingkungan menjadi isu yang menjadi perhatiannya.

Murnan berharap isu ini menjadi prioritas untuk ditangani guna mendukung pembangunan berkelanjutan. Diingatkannya pula keterlibatan seluruh pihak dalam penyusunan RPJPD, termasuk kelompok pemuda yang diproyeksikan terlibat langsung dalam pelaksanaan RPJPD tersebut nantinya.

Berbagai masukan datang dari peserta terkait rumusan visi misi juga penjabarannya sebagai indikator. Hasil konsultasi publik ini nantinya akan diajukan ke provinsi untuk penyelarasan.(Kml)