Kirab Budaya SMAN 1 Keruak Membius Mahasiswa KKN UGM dan Unram

Gendang Beleq
Penampilan Gendang Beleq yang ditampilkan oleh para siswa SMAN 1 Keruak.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kirab budaya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Keruak, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) benar-benar membius perhatian mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Mataram (Unram) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Keruak.

Mereka sangat terkesan dengan atraksi seni budaya yang ditampilkan seluruh siswa. Bagaimana tidak, kegiatan yang digelar pada Sabtu (10/8/2024) tersebut, selain dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 itu, juga sebagai ajang unjuk kebolehan para siswa dalam memainkan seni budaya Suku Sasak Lombok. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan mengenakan pakaian adat Sasak.

Pjs Kepala SMAN 1 Keruak, Mujitabe, S.Pd di sela-sela memimpin kirab kepada Lomboktoday.co.id menyampaikan bahwa kegiatan Kirab Budaya ini selain untuk ikut memeriahkan HUT RI yang ke-79, juga dalam rangka menggali potensi siswa SMAN 1 Keruak, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Karenanya kata Mujitabe, dalam kirab budaya tersebut seluruh siswa yang memiliki prestasi dan kegemaran dalam bidang seni budaya diberi kesempatan menampilkan kebolehannya sebagai bentuk pengembangan potensi dan bakat generasi muda dalam melestarikan budaya peninggalan leluhur.

‘’Ini salah satu bentuk implementasi program Dinas Dikbud Provinsi NTB yang menggalakkan ‘’Sabtu Budaya’’ di seluruh SMA Negeri se-NTB. Dan Alhmadulillah, inilah hasil pembinaan seni budaya bagi siswa kami sejak program ini dicanangkan tiga tahun lalu,’’ kata Mujitabe.

Kepala SMAN 1 Keruak
Pjs Kepala SMAN 1 Keruak, Mujitabe (baju putih) saat menyampaikan sambutan di sela-sela melepas peserta kirab.

Kirab budaya SMAN 1 Keruak mengambil rute mulai dari sekolah menuju arah pasar Keruak dilanjutkan ke arah utara menuju lapangan Keruak kemudian kembali ke sekolah dengan pengawalan oleh aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Keruak.

Kirab budaya ini diakhiri dengan pertunjukan budaya ditampilkan oleh perwakilan peserta didik baik kelas X, XI, XII mulai dari seni presean, Gendang Beleq, nyanyi cilokak dan lain-lainnya.

Seluruh atraksi siswa mampu membius perhatian mahasiswa KKN UGM dan Unram yang ikut memantau kirab tersebut. Para mahasiswa tertegun dengan kemampuan siswa SMAN 1 Keruak dengan penampilan memukau penonton. Terbukti, mahasiswa UGM akan mengundang grup kesenian sekolah tersebut pada acara bazar di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, pada Kamis (15/8/2024) pekan depan.(Kml)