Pemda Lotim Gelar Musrenbang RKPD

Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi.

‘’Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lombok Timur dengan Media Online Lomboktoday.co.id’’

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi mengingatkan kepala OPD, camat, kades/lurah se-Kabupaten Lombok Timur benar-benar mencermati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Timur 2018-2023 yang telah disusun berdasarkan visi misi Pemerintah Daerah selama 5 tahun ke depan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi.

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pemabangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Lombok Timur berperan penting dalam pelaksanaan RPJMD, terutama dalam pelaksanaan capaian indikator RPJMD sebagai konsistensi kebijakan pemerintah yang tertuang dalam RPJMD dengan implementasi sampai tataran program dan kegiatan.

Penyampaian ini disampaikan Wakil Bupati Lombok Timur pada Musrenbang RKPD Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020, di Gedung Wanita Selong, Rabu (27/3).

Tema yang diangkat dalam Musrenbang tahun 2020 ‘’Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusi’’ dipilih dengan berbagai pertimbangan mendasar.

Jika tahun 2019 kebijakan prioritasnya adalah peningkatan infrastruktur untuk peningkatan daya saing daerah, maka diharapkan dengan makin baiknya peran infrastruktur daerah di berbagai bidang, upaya untuk mendorong kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang bermuara pada peningkatan Indeks pembangunan manusia, akan semakin meningkat dibanding kondisi tahun-tahun sebelumnya.

Dalam penyusunan dokumen perencanaan yang ideal dan memiliki tingkat ketepatan pada tataran pelaksanaan disadari Rumaksi adalah pekerjaan yang tidak mudah. Tantangan besar bagi seluruh komponen pelaksanan pembangunan saat ini adalah Kompleksitas permasalahan dalam mencapai indikator yang ingin diicapai disandingkan dengan input yang dibutuhkan masih belum sebanding.

Langkah yang efisien dan bijak sangat dibutuhkan dalam menggunakan sumber pembiayaan pembangunan. ‘’Kita tidak boleh membatasi diri untuk punya semangat berkembang dan menjadi Lombok Timur yang Adil, Sejahtera dan Aman sebagaimana visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023,’’ katanya.

Asumsi APBD Lombok Timur 2020 diperkirakan mengalami peningkatan, namun tidak jauh dari kenaikan besaran APBD 2018-2019, sehingga dalam dalam rancangan RKPD tahun 2020 APBD diperkirakan 2,89 Trilyun atau meningkat antara 5-6%.

Salah satu poin yang menjadi penekanan Wakil Bupati adalah seberapa besar anggaran yang tertuang dalam APBD 2020 untuk pengentasan kemiskinan. Meski dari data BPS angka kemiskinan Lombok Timur sekitar 16,55%, namun ada perbedaan data dengan yang ada pada Basis Data Terpadu di Kementerian Sosial jumlah keluaraga miskin mencapai 800 ribu lebih. Hal ini patut menjadi perhatian kita bersama dalam update data kemiskinan dan yang utama penanggulangan kemiskinan tersebut.

Suasana Musrenbang RKPD Lombok Timur, di Gedung Wanita Selong, Rabu (27/3).

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, R Rahadian Soedjono menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD di antaranya pemda diharapkan memaksimalkan potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan mendukung pembiayaan pembangunan Daerah. Seluruh jajaran OPD juga diharapkan melakukan efisiensi anggaran dalam pelaksanaan program kegiatan.

Di bidang pendidikan, dewan juga meminta pemda tidak membedakan antara Sekolah Negeri dan Swasta dalam hal ini Pondok Pesantren karena selama ini Ponpes memberikan kontribusi besar dalam kemajuan pendidikan.

Musrenbang RKPD Kabupaten Lombok Timur tahun 2020 yang dihadiri anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Selong, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh Agama, tokoh masyarakat telah diawali dengan Musrenbang di tingkat Kelurahan dan Kecamatan serta Musrenbang Perempuan untuk menyerap usul dan gagasan dari kelompok perempuan kluster Kecamatan.

Musrenbang juga dihadiri oleh perwakilan dari Bappeda Provinsi NTB yang menyampaikan prioritas program pembangunan Provinsi NTB di Kabupaten Lombok Timur dan upaya percepatan penurunan kemiskinan Kabupaten/Kota.(Kml/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *