Hj Niken: Peran Ibu Sangat Penting dan Pantas Dianggap sebagai Pahlawan

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat pembukaan acara dialog memperingati Hari Pahlawan dengan tema ‘’Pahlawan Perempuan Punya Peran’’ di Mataram, Ahad (10/11).
Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati (dua dari kiri) saat pembukaan acara dialog memperingati Hari Pahlawan dengan tema ‘’Pahlawan Perempuan Punya Peran’’ di Mataram, Ahad (10/11).

Oleh: Lalu Mandra Setiawan |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati mengatakan bahwa ibu adalah pahlawan bagi semua orang. Hal itu diungkapkan saat membuka acara dialog memperingati Hari Pahlawan dengan tema ‘’Pahlawan Perempuan Punya Peran’’ di Mataram, Ahad (10/11).

Didampingi Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Hj Putu Selly Andayani, Hj Niken mempertegas bahwa peran ibu sangat penting sehingga pantas dianggap sebagai pahlawan. ‘’Pahlawan adalah orang yang berjasa, orang yang bermanfaat dan memiliki kontribusi bagi bangsa dan negara. Paling relevan dari pahlawan adalah ibu kita. Semua orang lahir dari rahim ibunya, yang sejak kehamilannya hingga kita besar merawat kita sampai berhasil seperti sekarang,’’ kata Hj Niken.

Menjadi pahlawan tidak harus berperang. Semua orang bisa menjadi pahlawan. Salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan adalah sebuah sarana untuk menuju kesuksesan, dan pendidikan awal dari seseorang adalah ibu.

Bunda Niken, sapaan akrab Hj Niken mengatakan, pendidikan perempuan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Bukan hanya untuk berkarir, namun juga untuk bekal mendidik masa depan anak-anak. Bunda Niken menceritakan perjuangannya dalam membangun sarana pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

‘’Saya banyak bergerak di bidang pendidikan, orientasi saya lebih kepada anak-anak. Jadi, saya membangun TK atau PAUD sekarang, saya ketua yayasannya, kepala sekolahnya dan juga gurunya. Saya dan teman-teman yang mempunyai misi yang sama mengembangkan yayasan pendidikan tersebut,’’ ujarnya.

Di akhir penyampaiannya, ia berpesan bahwa untuk mengembangkan niat baik dalam hal kemanusiaan, butuh kerja sama untuk mencapai tujuan yang baik. Ia menyarankan mahasiswa dan mahasiswi yang ikut dalam acara tersebut untuk terus aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Islam (IKAPMI) Dompu, Arif Rahman mengapresiasi penyampaian Bunda Niken yang menginspirasi. Ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memperkuat nilai-nilai karakter pada pemuda, khususnya bagi perempuan. Acara ini juga sebagai ajang saling sharing antara perempuan pemimpin-pemimpin hebat dengan perempuan lainnya. Berkaitan dengan Hari Pahlawan 10 November 2019, acara ini juga untuk menguatkan nilai-nilai kepahlawanan dalam diri pemuda, khususnya perempuan.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here