P4GN, Kodim 1628/SB Gelar Tes Urine pada Anggota dan Ibu Persit

Dandim1628/SB, Letkol Czi Eddy Oswaronto.

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kodim 1628/Sumbawa Barat (SB) menggelar tes urine terhadap anggota TNI di lingkup Kodim 1628/SB dan ibu-ibu Persit dalam upaya melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Tes urine terhadap 100 anggota dari 159 jumlah personel Kodim 1628/SB dan 25 istri tentara itu, berlangsung di Makodim 1628/Sumbawa Barat (SB), di Jalan Balad Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Senin (18/11).

Kegiatan rutin tes urine ini dilakukan setiap tiga bulan sekali guna mengantisipasi masuknya peredaran narkoba di jajaran personel Kodim 1628/SB.

Keikutsertaan Persit (Persatuan Istri Tentara) Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Kodim 1628/Sumbawa Barat, dipelopori oleh Ketua Persit KSB, drg Lin Eliana. Pelaksanaan tes urine di Kodim 1628/Sumbawa Barat itu dilakukan oleh  tim kesehatan dari Kodim (Bakes).

Kegiatan tes urine tersebut dihadiri oleh Dandim 1628/SB, Letkol Czi Eddy Oswaronto; Kasdim 1628/SB, Mayor Inf Achmad Nurodin Hidayat; beserta staf serta diikuti oleh seluruh personel anggota Kodim1628/Sumbawa Barat, serta para Danramil se-KSB.

Suasana tes urine anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat.

Sebelum dilakukan tes urine, terlebih dahulu diawali dengan kegiatan sosialisasi yang meliputi pengenalan jenis narkoba hingga upaya pencegahan dengan mengetahui modus operandi yang biasa digunakan para penyelundup untuk memasukkan Narkoba ke daerah KSB, sehingga dalam rangka P4GN diperlukan ada kerja sama dari berbagai pihak, termasuk TNI.

Guna mempersempit ruang gerak para pengedar maupun pemasok narkoba, kegiatan ini juga mengantisipasi masuknya dan pengaruh peredaran narkoba di lingkungan keluarga besar Kodim 1628/SB. Usai dilakukan tes urine, hasilnya bahwa seluruh personel dinyatakan negatif/terbebas dari adanya zat narkoba.

Dandim1628/Sumbawa Barat (SB), Letkol Czi Eddy Oswaronto dalam kesempatan itu menyampaikan, P4GN merupakan program rutin yang dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh prajurit maupun PNS TNI serta istri anggota TNI terbebas dari penyalahgunaan Narkoba.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply