Ratusan Personel Kodim 1615/Lotim Ikuti Pemantapan Mental Prajurit

Suasana acara pembinaan mental juang terhadap ratusan personel Kodim 1615/Lotim.
Suasana acara pembinaan mental juang terhadap ratusan personel Kodim 1615/Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Prajurit juga manusia. Tentu sebagai manusia biasa, Prajurit TNI juga membutuhkan pembinaan mental untuk mengingat dan memperkuat kembali semangat dalam menjaga dan meningkatkan jati diri sebagai Prajurit TNI yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Demikian disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1615/Lotim, Letkol Inf Agus Prihanto Donny saat memberikan sambutan pada acara pembinaan mental juang yang diberikan oleh perwakilan Bintaldam IX/Udayana, Mayor Inf Nur Hidayat, di Aula Makodim Lotim, Rabu (9/9).

Pembinaan mental juang yang diikuti ratusan personel Kodim 1615/Lotim baik militer, PNS dan ibu Persit KCK Cabang Lotim itu, bertemakan ‘’Bahaya Paham Radikalisme dalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara’’.

Menurut Dandim, sebagai bangsa yang besar harus memahami dan menerima perbedaan mengingat bangsa Indonesia terdiri dari suku, agama, adat istiadat, budaya dan lainnya yang berbeda. ‘’Dengan demikian, akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,’’ katanya.

Terkait dengan paham radikalisme dan terorisme, sebagai Babinsa harus mampu mendeteksi dini dan lapor cepat bila ada indikasi di desa binaannya yang menyimpang dari pemahaman pada umumnya, sehingga bisa diambil langkah-langkah preventif dalam penanganannya. ‘’Upayakan deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat sehingga bisa ditangani dengan baik,’’ ujarnya.

Alumnus Akmil 2001 berpesan untuk menjaga dan membina keluarga dengan baik, jaga keharmonisan keluarga dan minimalisir adanya permasalahan keluarga.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *