Sekda Lotim Dampingi Gubernur NTB Resmikan LPM di Desa Sakra Selatan

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Sekda Lotim, HM Juaini Taupik dan Kadis Ketahanan Pangan NTB, H Fathul Gani, saat meresmikan LPM Gotong Royong di Dusun Kesuit, Desa Sakra Selatan, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taupik mendampingi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB, H Fathul Gani, meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gotong Royong di Dusun Kesuit, Desa Sakra Selatan, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Peresmian yang berlangsung pada Selasa (16/2) itu, ditandai penandatangan prasasti oleh Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah. Hadir pula pada acara tersebut kepala OPD Kabupaten dan Provinsi NTB, Camat Sakra, tokoh agama dan masyarakat Dusun Kesuit.

Sekda Lotim, HM Juaini Taupik menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB terhadap masyarakat Lotim. Sekda mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Lotim merasa sangat bersyukur dengan dibangunnya LPM di Dusun Kesuit, Desa Sakra Selatan. ‘’Ini merupakan LPM ketiga yang dibangun Pemprov NTB di Kabupaten Lotim. Karenanya, kami mengucapkan banyak terima kasih,’’ kata Sekda sembari berharap dengan pembangunan LPM ini, masyarakat bisa berkontribusi mengelola hasil pangan, sehingga dapat dirasakan manfaatnya di hari mendatang.

Sementara itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam sambutannya berharap kehadiran LPM ini menjadi awal perkembangan sistem pengelolaan pangan lainnya di setiap desa. Pembuatan coldstorage yang berfungsi menyimpan ikan atau sayur-sayuran lebih lama adalah salah satu contohnya.

Pemanfaatan coldstorage menurut Gubernur, dapat meningkatkan ekonomi nelayan dan petani, karena bisa menjual hasil laut atau tanamannya dengan harga bersaing. Selain itu, Gubernur juga meminta jajarannya dapat berkolaborasi dan bersinergi termasuk dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, H Fathul Gani, Dusun Kesuit merupakan satu dari 15 lokasi di NTB yang terpilih sebagai lokasi pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM). Menurutnya, masyarakat Dusun Kesuit memiliki semangat tinggi mengembangkan potensi pangan yang ada di wilayahnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *