Jajaki Kerja Sama Berbagai Sektor, Isaac Chiu Silaturrahmi ke Gubernur NTB

Silaturrahmi Isaac Chiu dengan Gubernur NTB
Suasana silaturrahmi Isaac Chiu, Director General TETO Surabaya dengan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di Pendopo Gubernur NTB, Senin (28/8/2023).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menerima silaturrahmi Isaac Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office (TETO) Surabaya, di Pendopo Gubernur NTB, Senin (28/8/2023).

Silaturahmi tersebut dilakukan guna menjajaki hubungan kerja sama antara Pemerintah Taiwan dengan Pemerintah NTB dalam berbagai sektor, seperti; kebudayaan dan pendidikan, perdagangan dan perekonomian serta pariwisata dan lainnya.

‘’Pemerintah Provinsi NTB tentu sangat menyambut baik kunjungan silaturrahmi ini. Dan kerja sama dengan Taiwan bukan permulaan, sudah pula kita lakukan seperti beasiswa S3 di salah satu universitas di sana,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Dalam silaturrahmi tersebut, Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa memaparkan beberapa potensi NTB di antaranya; pertanian, tambang, pariwisata dan pendidikan seperti beasiswa dan kerja sama technopark.

Isaac Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office (TETO) Surabaya mengatakan, pihaknya melihat peluang besar mengingat jumlah tenaga kerja Indonesia di Taiwan sebanyak 35 ribu orang dan mahasiswa Indonesia di sana sebanyak 17 ribu lebih.

Selain itu, neraca perdagangan kedua negara yang terus meningkat, memungkinkan untuk dilakukannya kerja sama bisnis. ‘’Kami akan menjajaki kemungkinan kerja sama bisnis dengan NTB, tidak saja dalam pengiriman tenaga kerja,’’ katanya.

Untuk diketahui bahwa TETO Surabaya adalah Kantor Perwakilan Pemerintah Taiwan yang kedua di Indonesia dengan fungsi utamanya adalah melayani visa untuk tenaga kerja Indonesia, visa kunjungan umum, visa pelajar, dan juga membantu para pengusaha Taiwan yang berada di Surabaya dan sekitarnya. Hadir pula dalam kegiatan silaturrahmi tersebut, yakni; Kadis Perindustrian NTB, Kadis Dikbud NTB dan Kepada BRIDA NTB.(smr)