Sekda Lotim: Desa Menjadi Tangguh karena Memiliki SID

Sekda Lotim
Sekda Lotim, HM Juaini Taofik saat membuka penilaian Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, mewakili Provinsi NTB sebagai desa yang menerapkan Keterbukaan Informasi Publik, pada Jumat (27/8).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID –  Sekretaris Daerah Lombok Timur (Sekda Lotim), HM Juaini Taofik menegaskan, desa yang memiliki Sistim Informasi Desa (SID) relatif lebih tangguh, utamanya pada masa pandemi Covid-19 ini.

Perubahan informasi terkait pandemi Covid-19 terus berkembang dan membutuhkan perhatian masyarakat. Masyarakat di Desa yang memiliki SID, ada kemudahan untuk mengakses informasi yang berdampak terhadap berbagai aspek, termasuk ekonomi dan kesehatan mental warganya.

Penegasan itu dikemukakan Sekda Lotim, HM Juaini Taofik saat membuka penilaian Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, mewakili Provinsi NTB sebagai desa yang menerapkan Keterbukaan Informasi Publik, pada Jumat (27/8).

Desa Kumbang masuk dalam 10 besar desa terbaik nasional untuk Keterbukaan Informasi Publik. Karena itu, dilakukan Penilaian Apresiasi Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional Tahun 2021.

Juaini Taofik mengakui pentingnya keterbukaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan desa yang dapat terwujud, salah satunya dengan keterbukaan informasi. Karena itu, Sekda mengapresiasi Desa Kumbang dengan apa yang telah dilakukan dan dicapai.

Sekda menambahkan penerapan Keterbukaan Informasi Publik tengah diupayakan di tingkat kabupaten melalui penerapan Kota Pintar (Smart City). Diakuinya, penerapan di tingkat kabupaten membutuhkan upaya lebih optimal.

Terkait penilaian, Pejabat Tinggi Pratama lingkup Pemkab Lombok Timur itu berharap saran dan masukan tim penilai untuk perbaikan peningkatan keterbukaan informasi di Desa Kumbang dan berharap desa ini dapat meraih hasil terbaik.

Harapan sama disampaikan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi (ASE KI) Pusat, Wafa Patria Umma, agar Desa Kumbang dapat menjadi yang terbaik, meskipun tentunya daerah lain yang juga mengikuti kegiatan ini memiliki harapan serupa. Namun begitu, Wafa Patria Umma mengingatkan bahwa Desa Kumbang sudah dapat dijadikan model bagi pengembangan Desa Keterbukaan Informasi, baik di NTB maupun di Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan singkat di Halaman Kantor Desa Kumbang ini, dihadiri pula Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Suaeb Qury, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat secara luring dan OPD serta desa lainnya secara daring.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here