Gelar FGD, DP3AP2KB NTB Harapkan Partisipasi Perempuan Bidang Politik Meningkat

FGD
Suasana foto bersama di sela-sela acara FGD yang digelar DP3AP2KB Provinsi NTB, di Hotel Lombok Plaza Mataram, Kamis (28/10/2021).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Negara memberikan perhatian khusus pada kaum perempuan, terutama partisipasi bidang politik yang tertera pada UU No.7 tahun 2017 dengan memperhatikan keterwakilan perempuan 30% dalam mengajukan calon anggota legislatif. Sehingga perempuan dalam berkiprah di parlemen lebih besar. Maka sangat diperlukan komitmen bersama dalam meningkatkan peran perempuan dalam politik dan pembangunan.

‘’Dalam meningkatkan peranan perempuan itu kita berikan kesempatan di antaranya dengan meningkatkan kapasitas kebijakan publik dan memberikan kesempatan yang sama bagi professional agar lebih banyak berkiprah dalam kebijakan publik, terutama tugas dalam perspektif gender,’’ kata TGH Mahally Fikri saat membacakan sambutan Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda pada acara FGD yang digelar DP3AP2KB Provinsi NTB, di Hotel Lombok Plaza Mataram, Kamis (28/10/2021).

Untuk itu, diharapkan dalam pelaksanaan FGD ini bisa meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, terutama calon legislatif dari kaum perempuan dapat mendorong peningkatan perempuan pada semua bidang pembangunan di NTB.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Hj Husnanidiaty Nurdin menyebutkan, permasalahan kesenjangan gender di NTB, di antaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hukum, politik lainnya, menjadi topik menarik dalam kampanye politik. Sehingga diperlukan solusi oleh masyarakat luas.

‘’Maka dalam menjawab itu, diperlukan pengetahuan yang cukup luas bagi perempuan terkait regulasi dalam berbagai tematik, termasuk dalam meningkatkan kemampuannya di semua bidang. Sehingga partisipasi perempuan bidang politik ke depannya bisa meningkat. Dan tak kalah pentingnya bagi perempuan dalam memahami Pengarusutamaan Gender (PUG) sebagai sebuah strategi pembangunan dengan tujuan mengurangi kesenjangan gender di NTB,’’ kata Hj Eny, demikian Hj Husnanidiaty Nurdin biasa disapa.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *