Hj Niken Kenalkan Ragam Motif Tenun NTB ke Finalis Duta Wisata Indonesia 2021

Motif Tenun NTB
Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati (tengah) saat foto bersama dengan para Finalis Duta Wisata Indonesia 2021 saat berkunjung ke NTB Mall.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati memperkenalkan ragam motif tenun NTB kepada para Finalis Duta Wisata Indonesia 2021 saat berkunjung ke NTB Mall, pada Jum’at kemarin (5/11/2021).

‘’Motif tenun di Provinsi NTB sangat beragam, hal ini dikarenakan di setiap daerah kabupaten/kota se-NTB memiliki corak dan motif yang berbeda, sehingga menjadi ciri khas di setiap daerah,’’ kata Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat memberikan sambutan.

Di Lombok, kata Hj Niken, terdapat dua jenis kain yang populer di tengah masyarakat, yakni Kain Tenun Songket dan Kain Tenun Rang-Rang. Kain Songket memiliki ragam jenis motif, di antaranya; motif anteng, motif bulan bergantung, motif bintang remawe, motif wayang, motif keker, motif ragi genep, motif subhanale, motif nanas, motif bulan berkurung, motif panah, motif tokek, motif bintang empat dan motif serat penginang.

Sementara di Pulau Sumbawa, berbagai jenis motif yang sangat popular, salah satunya corak kuda, corak rusa, corak kakak tua, corak ayam dan masih banyak lagi. ‘’Beberapa desainer nasional sudah sering menggunakan motif tenun di NTB, seperti desainer Denny Wirawan, Popi Susanti Darsono dan masih banyak lagi,’’ ujarnya.

Hj Niken menceritakan sejarah menenun sebagai salah satu tradisi yang mengharuskan anak perempuan agar bisa menikah. ‘’Dulu, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang anak perempuan apabila ingin menikah, maka ia harus bisa menenun,’’ jelasnya.


Hj Niken juga mengingatkan kepada seluruh finalis agar dapat membekali diri dengan berbagai sejarah yang ada di Indonesia. ‘’Kalian nantinya akan menjadi Duta Wisata Indonesia, sehingga pengetahuan, pendalaman penjiwaan terhadap kekayaan budaya harus semua kita miliki,’’ katanya.

Hj Niken optimis dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat, salah satunya menambah pengetahuan seluruh finalis yang terdiri dari 7 Provinsi se-Indonesia yakni Provinsi Aceh, Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Bali, Provinsi NTB dan Provinsi NTT.

‘’Alhamdulillah, kita jadi tuan rumah acara pemilihan Duta Wisata Indonesia, ini kesempatan baik Provinsi NTB untuk memperkenalkan berbagai potensi pariwisata, kuliner, kerajinan kepada para finalis Duta Wisata Indonesia yang hadir dari berbagai Provinsi di Indonesia,’’ ungkapnya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here