Teka-Teki Batalnya Rumaksi Masuk di Arena Rakerda Golkar Lombok Timur

H Rumaksi Sj
Wabup Lotim, H Rumaksi Sj.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kejadian spontan menjadi teka-teki di sejumlah kalangan, lantaran Wakil Bupati Lombok Timur (Wabup Lotim), H Rumaksi Sj yang seyogyanya akan hadir pada acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Partai Golkar Lombok Timur, pada Senin (20/12/2021), namun Rumaksi batal masuk arena meskipun sudah tiba di aula BLK Gelang tempat Raker berlangsung.

Lomboktoday.co.id menelusuri penyebab Ketua DPD Partai Nasdem Lombok Timur itu harus balik kanan meskipun sudah turun mobil di depan arena Rakerda. Suasana di dalam aula terdengar salah seorang kader Golkar sedang mengajak kader beringin menggaungkan yel-yel Partai Golkar sebelum acara dimulai. Kader yang diketahui bernama Rusliadi juga terdengar mengeluarkan ucapan bernada politis saat Wabup tiba.

Situasi itu sontak menimbulkan spekulasi beberapa pihak. Ada yang menyebutkan diduga kuat Wabup balik naik mobil setelah mendengar pernyataan Rusliadi di dalam arena yang konon bernada menyinggung partai lain. Salah seorang rekan jurnalis Lombok Timur mengaku mendengar ucapan Rusliadi. ‘’Golkar siap merebut kemenangan, tumbangkan partai-partai lain,’’ itulah konon ucapan Rusliadi pada saat itu seperti dituturkan salah seorang rekan jurnalis.

Ketua DPD Golkar Lombok Timur, HL Hasan Rahman ditemui Lomboktoday.co.id di Kantor DPD Golkar Lotim yang letaknya berseberangan jalan dengan tempat Raker berlangsung beberapa saat sebelum acara dimulai membantah dengan tegas perihal baliknya H Rumaksi gara-gara yel-yel dan pernyataan salah seorang kadernya.

Menurut Miq Maman, sapaan akrab Hasan Rahman, Wabup Lotim kembali karena rundown acara yang diundur jam mulainya karena menunggu Ketua DPD Golkar NTB, H Mohan Roliskana, sementara Rumaksi datang tepat waktu sesuai jam undangan.

Hasan Rahman mengaku sempat menyambut H Rumaksi saat mampir di Kantor DPD Golkar Lotim. Dan katanya, Wabup sempat berbisik pada dirinya, minta ditelephone jika acara dimulai. ‘’Wabup tadi mampir transit di sini (Kantor DPD Golkar Lotim, Red) dan beliau minta dihubungi via telephone kalau acara dimulai. Dan Wabup bersedia balik lagi mengikuti acara. Jadi tidak benar jika disebut Wabup batal masuk arena gara-gara ada kader kami yang berorasi secara informal,’’ urai HL Hasan Rahman.

Di tempat yang sama, Rusliadi membantah dirinya menyebut ucapan bernada politis yang menyinggung partai lain. ‘’Saya hanya melatih para peserta Rakerda mengucapkan yel-yel khas Golkar. Dan tak mungkin saya mengucapkan pernyataan bernada menyinggung partai lain, saya tahu itu tidak boleh,’’ aku Rusli.

Hingga prosesi pembukaan Rakerda berakhir, Rumaksi tak muncul meskipun Ketua DPD Golkar menyatakan bahwa Rumaksi berjanji akan kembali menghadiri acara. Nampaknya pengurus Nasdem diwakili oleh Mustayib yang hadir. Sedangkan Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy diwakili oleh Asisten 1 Setdakab Lotim, Lalu Dami Ahyani.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *