Dispar NTB Gelar Aksi Bersih-Bersih di Kawasan Wisata Senggigi

Aksi Bersih-Bersih
Suasana aksi bersih-bersih yang dilakukan jajaran Dinas Pariwisata NTB yang dipusatkan di Pasar Seni Senggigi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (20/1/2022).

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Seluruh jajaran Dinas Pariwisata (Dispar) NTB kembali melakukan aksi bersih-bersih di Kawasan Wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan berbagai kalangan, pada Kamis (20/1/2022).

Dipusatkan di Pasar Seni Senggigi, kegiatan ini diikuti pula oleh Kepala Desa Senggigi beserta jajarannya, TNI AL, Lombok Care Community (LCC), Ikatan Motor Indonesia (IMI), Beach Boy Clean (BBC), pengusaha oleh-oleh yang ada di seputaran Batu Layar, beberapa komunitas dan asosiasi pelaku pariwisata lainnya.

Kepala Desa Senggigi, Mastur menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Pariwisata NTB karena telah menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih ini. Mastur berharap melalui kegiatan ini dapat membangkitkan kembali pariwisata khususnya di daerah Senggigi yang masih mati suri sejak tertimpa gempa 2018 lalu. ‘’Semoga melalui kegiatan ini Pariwisata di Senggigi dapat kembali pulih dan bangkit seperti jaman keemasaannya dulu,’’ harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, H Yusron Hadi yang ikut turun pada kegiatan bersih-bersih tersebut juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya edukasi semua pihak agar tetap atensi tinggi terhadap kebersihan destinasi wisata sebagai ikhtiar dalam menyambut gelaran MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

‘’Waktu kita tidak lama lagi, perhelatan MotoGP segera tergelar. Oleh karena itu, kita harus segera memastikan kesiapan destinasi dan penginapan, tidak hanya hotel berbintang tetapi juga non-bintang, homestay, dan Sarhunta dan sarana lainnya agar penonton nanti tetap mendapatkan tempat menginap,’’ kata Yusron Hadi.

Yusron Hadi menambahkan bahwa kegiatan bersih-bersih ini akan dilakukan di beberapa tempat agar wisatawan yang nantinya berkunjung merasa nyaman dengan kebersihan lingkungan destinasi wisata di daerah ini.

‘’Kita ingin hidupkan kembali Pasar Seni Senggigi ini sebagai pusat kegiatan atraksi seni-budaya di Senggigi. Kita mengajak pelaku usaha wisata bersama-sama mengisi panggung pertunjukan yang ada di sini secara reguler bergantian dengan pentas pertunjukan seni-budaya dan berbagai atraksi kreatif lainnya,’’ ujarnya.

Usai melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Senggigi, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan handsanitizer dan thermogun oleh Dispar NTB kepada beberapa pelaku pariwisata yang ada di Lombok Barat. Kemudian juga meninjau lokasi potensial untuk camping ground di kawasan kerandangan dan juga menyempatkan diri melihat langsung rumah susun di kawasan Batu Layar sebagai alternatif penginapan bersama beberapa asosiasi travel.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *