Diskominfotik NTB Turun ke Bima dan Dompu Teken MoU Terkait Program Ini

MoU
Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy (kanan) foto bersama Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (tengah) usai penandatangan MoU, di ruang kerjanya Kantor Bupati Bima.

BIMA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu, pada Kamis (20/1/22).

Kunjungan kerja kali ini untuk memperkuat kolaborasi Program Pengelolaan berbasis Teknologi Informasi melalui penandatanganan MoU antara Gubernur NTB dengan Bupati/Walikota se-NTB. Kemudian diperkuat dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik di seluruh Kabupaten/Kota.

Program Pengelolaan Teknologi Informasi tersebut di antaranya, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Desiminasi Informasi, Program-program Pembangunan Daerah, Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah Terintegrasi dalam NTB Satu Data serta sinergi bersama Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik memalui Aplikasi NTB Care.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini diawali dengan penandatanganan MoU oleh Walikota Bima, H Muhammad Lutfi di Kota Bima. Kemudian penandatanganan MoU oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri di ruang kerjanya Kantor Bupati Bima. Penandatanganan MoU itu didampingi Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy. Penandatanganan MoU tersebut juga diperkuat melalui PKS antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik Kota Bima dan Kabupaten Bima.

‘’Kami akan terus mendorong seluruh OPD lingkup Pemkot Bima untuk memperkuat kolaborasi bagaimana menyukseskan program-program pembangunan NTB Gemilang yang berbasis teknologi informasi,’’ kata Walikota Bima, H Muhammad Lutfi usai penandatanganan MoU.

Misalnya program Pemprov NTB seperti aplikasi NTB Care, menjadi layanan yang diintegrasikan dengan command center Pemkot Bima bagaimana mengakomodir dan memberikan solusi kepada masyarakat Kota Bima yang menyampaikan aduan dan keluhannya melalui NTB Care.

Dalam kesempatan yang lain, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi atas bantuan yang dilakukan Dinas Kominfotik NTB terkait penanganan area blank spot di beberapa wilayah di Kabupaten Bima. Sehingga kebutuhan dasar masyarakat akan jaringan internet bisa terwujud dengan baik.

‘’Selain itu, kami juga berterima kasih atas respon cepat dari Tim NTB Care atas aduan-aduan, baik itu kesehatan, ekonomi, infrastruktur yang disampaikan oleh masyarakat kami melalui NTB Care. Sehingga koordinasi Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kabupaten Bima berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,’’ kata Ummi Dinda, demikian Bupati Bima ini biasa disapa usai melakukan penandatanganan MoU.

Sememtara itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy mengungkapkan, kunjungan kerja ini sekaligus membicarakan beberapa evaluasi dan rencana memaksimalkan kolaborasi dan sinergitas antara Dinas Kominfotik Provinsi NTB dengan Kabupaten/Kota sebagai leading sector pengelolaan program berbasis teknologi informasi.

Program NTB Care dan NTB Satu, kata Najamuddin, adalah dua aplikasi yang memilki kematangan inovasi sangat baik dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) 2021 lalu. Keduanya melengkapi 62 inovasi berbasis aplikasi digital dari 82 inovasi pelayanan publik Pemprov NTB yang disertakan dalam Innovation Government Award (IGA) 2021. Kinerja ini mengantarkan NTB sebagai Provinsi Terinovatif 2021 bersama lima provinsi lainnya.

Misalnya Aplikasi NTB Care yang sudah memasuki tahapan ketiga yaitu mature system (tahapan tindak lanjut) sehingga kehadiran tim juga harus melakukan koordinasi dan action monitoring di kabupaten/kota. Mengenalkan Tim NTB Care kepada jajaran kabupaten/kota juga upaya sinergi dan kolaborasi agar tim kabupaten/kota bisa progresif dan proaktif bersama hadir di tengah masyarakat dan memberi solusi.

‘’Begitu juga dengan beberapa aplikasi di provinsi yang bisa dimanfaatkan oleh kabupaten/kota dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Mantan Ketua KI NTB itu menjelaskan, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah harus juga memastikan bahwa koordinasi berjalan dan menjadi orkestra pelayanan publik yang mampu diakselerasikan bersama. Kebiasaan Gubernur NTB menyapa warga di desa, kampung dan dusun serta menyambangi para kepala daerah di kabupaten/kota menjadi contoh baik dalam implementasi koordinasi antar Pemerintah Daerah.

‘’Sehingga koordinasi antar provinsi dan kabupaten/kota untuk membangun daerah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat berjalan dengan efektif. Bahkan Gubernur meminta semua jajaran OPD untuk tidak menganggap bahwa itu urusan kabupaten/kota lain jika ada masyarakat yang menyampaikan aduan kepada Pemerintah Provinsi NTB,’’ ungkapnya.

Kemudian rombongan Dinas Kominfotik NTB melanjutkan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Dompu. Kunjungan tersebut disambut oleh Sekda Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra bersama jajarannya. Banyak hal yang dibicarakan terutama terkait NTB Satu Data yang ingin diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Dompu dalam menyiapkan berbagai kebutuhan data dan akses data yang mudah bagi masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Kominfok NTB juga didampingi oleh Tim NTB Care Bidang Sandi, Tim PPID Bidang IKP, Tim SPBE Bidang PTIK dan Tim NTB Satu Data Bidang Statistik.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *