Waspada!, Ada Modus Penipuan Lewat WA Atas Nama Bunda Niken

Kadis Kominfotik dan No WA Penipu
Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy (foto kiri) dan Nomor WA Penipu (foto kanan).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kadis Kominfotik) Provinsi NTB, Najamuddin Amy mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap aksi penipuan menggunakan nomor WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Bunda Niken.

Nomor WA 0857604693328 dengan nama profil ~NIKEN ZULKIEFLIMANSYAH adalah bukan nomor Bunda Niken yang sebenarnya. Bunda Niken hanya menggunakan nomor WA yang dipegang langsung oleh ajudan.

Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy mengatakan bahwa nomor tersebut bukan nomor WA Bunda Niken, sehingga kepada seluruh masyarakat apabila dihubungi maka harus lebih waspada dan hati-hati.

‘’Jika masyarakat menerima pesan WhatsApp ataupun pesan melalui akun sosial media manapun dengan nomer tersebut, diharapkan untuk mengabaikannya saja. Terutama jika menjanjikan atau meminta sesuatu,’’ kata Bang Najam.

Sebelumnya, pada bulan Maret 2022 lalu terjadi penipuan online yang mengatasnamakan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah. Pelaku yang mengaku sebagai Wagub tersebut meminta sejumlah dana donasi kepada korban. Bahkan pada bulan Agustus 2022 lalu, juga terjadi kepada Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah. Di mana, pelaku penipuan yang menggunakan foto profil Dr H Zulkieflimansyah melalui pesan singkatnya membagikan info tentang lelang kendaraan dari pihak bank dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI, kemudian korban diharuskan menyicil satu unit kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, pihak Pemprov NTB mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menghiraukan jika mendapatkan pesan singkat dengan modus meminta dana atau pun nomor rekening.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *