Kadis Kominfotik NTB Sampaikan Solusi Blankspot dan Lemah Sinyal ke Forum Kades se-Langgudu

Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy saat menerima kunjungan Forum Kades se-Kecamatan Langgudu, pada Jumat (17/3/2023).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.IDKepala Dinas (Kadis) Kominfotik NTB, Najamuddin Amy menerima kunjungan Forum Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Langgudu, pada Jumat (17/3/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Bang Najam, demikian Kadis Kominfotik NTB biasa disapa menjelaskan, bahwa pengajuan untuk pemasangan BTS baru dan peningkatan kapasitas jaringan lemah sinyal melalu Kementerian Kominfo RI yang menanganinya adalah BAKTI sebagai pihak ketiga secara teknis.

“Sepenuhnya kewenangan masalah BTS dan lemah sinyal ada di BAKTI Kementerian Kominfo, dan tugas kami memastikan aduan melalui aplikasi PASTI Kementerian Kominfo yang ada di Dinas Kominfo kabupaten/kota sudah tersampaikan dan mengkoordinasikannya. Setelah terdaftar, baru pihak BAKTI yang akan mengecek ke lokasi untuk pemasangannya. BAKTi sebagai vendor kementerian akan membangun tower publik untuk daerah terpencil dan daerah berbatasan,” kata Bang Bajam.

Bang Najam menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo melalui BAKTI menitipkan aplikasi PASTI yang ada di Dinas Kominfo kabupaten/kota selanjutnya diisi oleh dinas teknis Diskominfo kabupaten/kota, dan selanjutnya menentukan titik koordinatnya.

“Tugas kabupaten/kota untuk mengisi aduan blankspot, lemah sinyal melalui aplikasi PASTI, dan beberapa hari sebelumnya kami sudah ketemu Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima juga untuk membahas area blankspot yang ada di Bima, di Langgudu masih ada beberapa yang masih lemah sinyal, dan aduannya sudah masuk ke BAKTI, selanjutnya menunggu proses pemasangan dan kita kawal bersama,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Desa Sambane mewakili Kades se-Kecamatan Langgudu mengharapkan dari beberapa area lemah sinyal dan belum ada BTS-nya bisa dipasang dan ditingkatkan, serta meminta Kadis Kominfotik NTB untuk mengawal prosesnya setelah sebelumnya sudah diadukan melalui aplikasi yang ada di Dinas Kominfo Kabupaten Bima. “Kami sudah adukan 4 titik, dan masalahnya belum ada kabar setelah mengadukannya, kami harap ada solusi,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy setelah mengecek data area lemah sinyal di wilayah Langgudu dari Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Kominfotik NTB, dan sebelumnya sudah memberikan solusi kepada Bupati Bima pada pertemuan sebelumnya dengan dua solusi.

“Solusinya, jika kemungkinan belum ada pemasangan BTS, baiknya menggunakan jaringan melalui kabel fiberoptik yang sudah terpasang oleh pihak Telkom, Kades memasang Indihome dari Telkom bagi desa-desa yang sudah tersambung fiberoptik untuk pusat pemerintahan, layanan kesehatan, dan lembaga pendidikan. Dengan terpasangnya Indihome, maka jaringan telekomunikasi bisa dimaksimalkan. Selain itu mini BTS bisa juga diajukan di area-area strategis dan itu sudah disampaikan ke Bupati Bima beberapa hari lalu dan kita tunggu apakah sudah dikomunikasikan atau belum,” terang Bang Najam.

Ucapan terima kasih dari Forum Kades se-Kecamatan Langgudu atas sambutan dan perhatiannya untuk kami. Betapa pentingnya bagi desa-desa adanya jaringan internet, dan akses komunikasi yang sudh diupayakan di Langgudu. Selain itu, desa-desa yang masih lemah sinyal, semoga segera dapat ditingkatkan lagi.

Menutup pertemuan tersebut, Bang Najam menyarankan untuk memastikan aduan ke BAKTI melalui aplikasi PASTI sudah tersampaikan. “Itu tugas Dinas Kominfo yang ada di kabupaten/kota untuk mendaftarkan area blankspot dan lemah sinyal, tugas kami mengawal aduan tersebut dan memastikan titik lokasinya,” ucapnya.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *