Peluang Emas Investasi, Lombok Timur Kekurangan Kamar Hotel

Sekda Lotim, HM Juaini Taupik
Sekda Lotim, HM Juani Taupik.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Meskipun euforia menyambut event bergengsi dunia MotoGP Mandalika 2022, di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), namun imbas positif bernilai ekonomi tinggi dirasakan berkahnya hingga wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sebagai daerah penyangga langsung di wilayah timur.

Imbas yang paling menantang para investor untuk jangan ragu berinvestasi terutama di kawasan selatan Lombok Timur adalah menyediakan hotel atau penginapan. Terbukti, pada momen gelaran perdana even bergengsi dunia MotoGP hingga H-1 Lombok Timur ikut kualahan dalam penyediaan kamar hotel karena permintaan jauh melebihi ketersediaan.

Hal itu diakui oleh Sekretaris Daerah Lombok Timur (Sekda Lotim), HM Juaini Taupik. Kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, pada Kamis (17/3/2022). Sekda memaparkan, seluruh hotel hingga losmen yang ada di Lombok Timur tidak ada lagi yang tersisa. Bahkan katanya, banyak calon tamu yang terpaksa harus ditolak.

Fenomena ini lanjut Sekda, merupakan peluang emas bagi para investor untuk tidak harus khawatir berinvestasi di daerah ini. Pemkab Lombok Timur menyatakan wellcome kepada para calon investor untuk mengembangkan investasinya. “Kita yakin lahan masih tersedia di kawasan selatan untuk bangun perhotelan”, kata Juaini Taupik.

Sebagai gambaran kata Taopik, saat ini Lombok Timur hanya mampu menyediakan sekitar 600an kamar minus kawasan Sembalun yang kurang diminati oleh para tamu karena jarak tempuh yang terlalu jauh menuju Sirkuit Mandalika. Membutuhkan perjalanan 3 jam lebih.

Kawasan selatan Lombok Timur lanjutnya, tersedia hanya sekitar 400an kamar. Sedangkan homestay agak kurang diminati walaupun ada juga yang dipesan oleh tamu perorangan. Sebab katanya, karakter tamu calon penonton luar daerah cenderung berkelompok. Jadi rombongan tidak ingin terpisah-pisah tempat menginap.

Seperti diketahui, even motoGP di sirkuit Mandalika kontraknya hingga 10 tahun. Tak mustahil gelarannya bisa 2x setahun ditambah lagi kemungkinan akan ada laga Formula 1. Di samping itu, sebagian besar tamu yang akan menonton tidak hanya menginap selama gelaran saja. Banyak tamu yang masih lanjut berlibur beberapa hari ke depan seusai motoGP.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published.