Uni Eropa Serah Terima Demplot Urban Farming ke Wabup Lombok Timur

Hivos
Wabup Lotim, H Rumaksi Sj (peci hitam) saat menerima penyerahan demplot dari perwakilan Hivos.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Uni Eropa melalui Hivos sebagai salah satu NGO International melakukan serah terima demplot (kebun percontohan) urban farming secara simbolik kepada Pemerintah Daerah dan komunitas di Kantor Kelurahan Selong, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), pada Jumat (22/4/2022). Serah terima ini merupakan bagian dari ACTION Project (Active Citizens Building Solidarity and Resilience in Response to Covid-19).

Project ACTION yang sepenuhnya didanai oleh Uni Eropa bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan solidaritas komunitas miskin dan marjinal dalam merespon dampak pandemi, termasuk melalui inisiatif pertanian perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga dan menghubungkan komunitas ke peluang pasar yang baru.

Wakil Bupati Lombok Timur (Wabup Lotim), H Rumaksi Sj dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya atas pelaksanaan program ACTION sejak fase pertama. Menurutnya, program tersebut memberikan dampak yang besar bagi Lombok Timur, termasuk menekan kasus Covid-19. ”Peran serta dari program ini tidak bisa dipungkiri bahwa ini mempunyai dampak terhadap penurunan Covid-19,” kata Wabup Lotim, H Rumaksi Sj.

Menurut pihak Hivos, serah terima ini menandai peresmian lahan demplot dan menginformasikan fungsi serta manfaat kegiatan bagi komunitas lokal. Selama pelaksanaan proyek, ACTION akan memberikan dukungan untuk pembangunan demplot di 40 desa yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Indonesia. Termasuk salah satunya di Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Dijelaskan, demplot ini dirancang untuk mendukung aksi kolektif untuk memperkuat ketahanan pangan dan sebagai alternatif pemulihan ekonomi keluarga. Praktik yang diterapkan dapat mendemonstrasikan metode pembibitan sayur-mayur, pemupukan dengan kompos, dan pemanfaatan bahan bekas untuk penanaman yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat di rumah tangga.

Demplot dirancang bersama dengan perwakilan penerima manfaat untuk menyediakan alat dan komoditas yang sesuai berdasarkan luas lahan yang tersedia, konsumsi pangan lokal, dan rencana produksi.

Acara serah terima tersebut mengundang peserta dari Pemerintah Daerah Lombok Timur, termasuk Wakil Bupati (Wabup) Lotim, Dinas-Dinas, beserta beberapa Camat lokasi demplot seperti Camat Selong, Lenek, dan Montong Gading, serta Lurah/Kepala Desa Selong, Denggen Timur, Denggen, Montong Betok, Perian, Lenek Lauq, dan Lenek Kalibambang, bersama masyarakat sekitar, perwakilan penerima manfaat, dan media.

Dalam acara tersebut, Hivos juga mengajak seluruh undangan untuk mengunjungi dan berkeliling demplot dilanjutkan dengan kegiatan bercocok tanam bersama dengan perwakilan komunitas di Kelurahan Selong.

”Kami percaya bahwa solusi yang dibentuk berdasarkan lokalitas dapat membawa perubahan yang berdampak. Yang membuat proyek ACTION menjadi sangat relevan adalah ide untuk membangun solidaritas dan ketahanan melalui gerakan yang dipimpin komunitas,” kata Direktur Eksekutif and Interim Hivos, Michel Farkas.

Michel Farkas menambahkan, membangun demplot urban farming adalah salah satu contoh yang baik. Serah terima simbolik hari ini dari ACTION kepada Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan menunjukkan peran kunci komunitas lokal dalam mengembangkan peluang perbaikan ketahanan pangan dan ekonomi.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *