Tiga Ketua Organisasi Media Siber Temui Gubernur NTB, Ada Apa Ya?

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tiga ketua organisasi media siber di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB, Boy Mashudi; Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTB, H Syukur; dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) NTB, Hans Bahanan, menemui Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di Pendopo Gubernur NTB, pada Rabu (22/3/2023).

Saat ditemui, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Asisten III Setda Provinsi NTB, H Wirawan. Dalam pertemuan tersebut, Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa mengapresiasi karya jurnalistik media khususnya media siber di NTB.

“Peran media sangat signifikan dalam membantu mensosialisasikan program-program pembangunan yang akan dan telah dilakukan pemerintah dan itu telah dilakukan teman-teman media cetak, elektronik dan online yang tersebar di daerah ini,” kata Bang Zul.

Di sisi lain, Bang Zul juga menilai positif kebersamaan tiga organisasi media yang ada di NTB. “Baguslah ini,” ucapnya.

Bang Zul mengajak media khususnya para wartawan untuk terus berkarya dan berinovasi. “Namun hendaknya berita yang disajikan tidak hanya mengutamakan kecepatan, tapi juga mengedepankan akurasi,” pesannya.

Bang Zul juga sangat menyayangkan beberapa pemberitaan, yang menurutnya kurang berimbang dan tidak disertai data atau referensi akurat. “Masih ada juga berita yang kurang akurat,” sindir Bang Zul menyebut salah satunya pemberitaan terkait wisata Gili Trawangan.

Menanggapi sentilan Gubernur NTB, Ketua AMSI NTB, Hans Bahanan angkat bicara dan menjelaskan sistem kerja jurnalistik, di mana jurnalis tetap mengacu pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan sesuai dengan Undang-Undang (UU) No.40 tahun 1999 tentang Pers. “Wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik, tetap berpedoman pada Kode Etik dan Undang-Undang Pers Pak Gubernur,” kata Hans.

Namun demikian, Hans juga tidak membantah kalau masih ada hasil karya wartawan yang dinilai masih kurang berimbang. “Kita harus croscek fakta sebelum menulis,” ucapnya.

Sementara Ketua SMSI NTB, H Syukur menambahkan, pihaknya mengajak para pengelola media khususnya di Provinsi NTB untuk bergabung di dalam wadah organisasi media yang ada. “Melalui organisasi itu kita akan bisa bertukar ide atau gagasan serta sharing kompetensi,” katanya.

Namun untuk dapat bergabung dengan organisasi media, Ketua JMSI NTB, Boy Mashudi mengatakan, media harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan. “Untuk gabung tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi,” sebutnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan itu selain silaturahmi menjelang Puasa Ramadhan 1444 Hijriyah, juga dimanfaatkan untuk bertukar pikiran dan informasi seputar kiprah media dalam pembangunan di NTB.(Sid/jmsi/smsi/amsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *