Sekda Lotim Didampingi Sejumlah Kepala OPD Bahas Pencegahan Gagal Panen Bersama LPSDM

Bahas Pencegahan Gagal Panen
Sekda Lotim, HM Juaini Taofik didampingi sejumlah Kepala OPD saat membahas pencegahan gagal panen bersama Ketua LPSDM, Ririn Hayudiani, di ruang kerja Sekda Lotim.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekertaris Daerah Lombok Timur (Sekda Lotim), HM Juaini Taofik didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala BPBD, Kepala Bappeda dan Penyuluh Pertanian menerima kunjungan Ketua Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra (LPSDM), Ririn Hayudiani bersama tim di ruang kerja Sekda Lotim.

Kunjungan Ketua LPSDM, Ririn Hayudiani, pada Selasa (9/5/2023) tersebut, dalam rangka membahas pengembangan dan pemanfaatan Sistem Kesiapsiagaan Pertanian dan Bencana (SKPB) di lapangan.

Sekda Lotim, HM Juaini Taofik mengungkapkan kurangnya informasi kaitannya dengan iklim dan cuaca cukup berdampak pada hasil produksi petani. Keberadaan SKPB ini dinilai akan sangat membantu petani meminimalisasi gagal panen, mengingat dalam SKPB informasi cuaca dan iklim hingga masa tanam bisa diperoleh petani.

Diterapkan di dua desa yaitu Seruni Mumbul dan Jurit selama beberapa bulan terakhir, aplikasi tersebut dinilai berhasil. ”Desa Seruni Mumbul dan Jurit dikatakan sudah berhasil dalam pemanfaatan SKPB ini,” tutur Sekda Lotim, HM Juaini Taofik.

Karena itu, Sekda berharap semua desa di Lombok Timur dapat memanfaatkannya, sehingga memudahkan mengakses informasi iklim dan cuaca. Di sisi lain, Sekda mengakui pentingnya seluruh wilayah ter-cover sinyal telekomunikasi yang menjadi tugas pemerintah. Ia menegaskan sekitar 80% desa sudah bisa mengakses signal 4G.

SKPB dibangun menggunakan teknologi prediksi iklim untuk curah hujan dan cuaca dengan akurasi tinggi, dilengkapi dukungan data satelit dan data lapangan untuk menghasilkan kalender tanam dan potensi bahaya bencana yang lebih aman dan terkontrol.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *