Berbagai Upaya Pemkab Lotim Mewujudkan KLA

2 minutes reading
Wednesday, 7 Jun 2023 17:03 0 16 Editor

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya perlindungan anak dan memastikan anak terpenuhi haknya agar terlindungi dari kekerasan serta penelantaran dan perlakuan salah lainnya.

Pemda Lombok Timur telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan KLA yang dari waktu ke waktu semakin membaik. Penetapan peraturan/kebijakan daerah tentang kabupaten/kota layak anak sudah tertuang dalam Perda terkait penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak, Perbup No.4 tahun 2020, Perbup No.41 tahun 2019 dan Keputusan Bupati No.188.45/97/P3AKAB.

Mengetahui capaian penyelenggaraan KLA dilakukan evaluasi secara berkala setiap tahunnya di berbagai tingkatan, yang hasilnya kemudian dilaporkan kepada Kementerian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kementerian selanjutnya melakukan verifikasi terhadap laporan yang telah masuk. Kabupaten Lombok Timur pada Rabu (7/6/2023) mengikuti verifikasi lapangan secara hybrid.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, HM Juaini Taofik menghadiri kegiatan tersebut. Ia memaparkan kondisi KLA Lombok Timur sudah memenuhi 26 indikator yang menjadi dasar penilaian. Sekda menyatakan kegiatan ini mendorong semangat pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan kabupaten yang ramah anak sehingga tidak lagi ditemukan tindak kekerasan terhadap anak maupun kasus lainnya. Ia meyakinkan bahwa terbentuknya gugus tugas efektif sebagai wahana menjalin komunikasi multi arah. Ia menyebut gotong-royong menjadi prinsip di tengah keterbatasan.

Asisten Deputi Perumusan Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Fatahillah mengapresiasi upaya dan tindakan yang sudah dilakukan oleh Lombok Timur. “Jika itu dilakukan secara sistemik, itu merupakan sistem pembangunan yang akan berlanjut terus. Tahapan itu harus dilalui sehingga sistem itu akan berjalan secara otomatis dan semestinya,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya evaluasi yang dilaksanakan setiap tahun dan menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih kemudian menjadi bonus dari hasil kerja sistem yang dibangun.(Kml)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan Ucapan Selamat H Rumaksi Sebagai Ketua DPW Partai i NasDem NTB

Calon DPR RI, Busfi Arusagara

LAINNYA