Keren!, Pemprov NTB Bakal Bentuk Desanomic

Nuryanti Saat Foto Bersama
Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti (tengah depan) saat foto bersama.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian NTB kembali melakukan inovasi guna mendukung berkembangnya sektor industri hingga ke desa-desa.

Setelah mendirikan gallery sebagai etalase produk-produk lokal, Dinas Perindustrian juga medorong salah satu inovasi bertajuk ‘’Desanomic’’ atau Desa Industri yang dalam waktu dekat ini akan diluncurkan, bermitra dengan berbagai stakeholders.

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian NTB, Nuryanti mengungkapkan, Desanomic merupakan sebuah terobosan baru yang digagas Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian, di mana desa yang memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan atau dimaksimalkan.

‘’Desa potensial secara ekonomi akan kita maksimalkan, tentunya diselaraskan juga dengan dunia industri dan pasarnya,’’ ungkapnya.

Nuryanti menjelaskan, Desanomic yang diinisiasi ini memiliki tujuan utama untuk memaksimalkan potensi satu desa tertentu. ‘’Di desa tidak harus banyak produk, tetapi desa harus memiliki satu keunggulan produk untuk dibangun ekosistemnya,’’ jelasnya.

Tidak hanya itu, Nuryanti menegaskan, untuk menembus pasar luar dan besar seperti Malaysia dan Singapura diperlukan hilirisasi industri serta keberlanjutan produksi dengan kata lain terlebih dahulu barang mentah diolah menjadi produk semijadi kemudian dipasarkan secara massif.

Untuk mewujudkan semua itu, pihaknya berinisiatif akan memaksimalkan keberadaan masing-masing BUMDes untuk selanjutnya didorong bermitra bersama pelaku industri/UMKM guna menyerap produk/komoditi unggulan desa tersebut.

‘’Jadi, memang harus ada rantai panjang agar pendapatan itu merata. Dari masyarakat ke IKM kemudian ke BUMDes selanjutnya BUMDes ke pasar,’’ ujarnya.

Selanjutnya di tahun 2023 ini, setidaknya ada 7 (tujuh) desa yang didorong untuk menjadi pilot project dengan berbagai hasil komoditi sektoral seperti kelautan, perikanan, pertanian, perkebunan, hingga kerajinan.(smr)