Bahas Silatnas Semeton Sasak, DPP ASLI Audiensi ke Pj Sekda NTB

ASLI Audiensi dengan Pj Sekda NTB
Pengurus DPP ASLI saat audiensi dengan Pj Sekda NTB, di ruang rapat Sekda NTB, Selasa (7/11/2023).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI) melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Drs H Faturrahman, M.Si, pada Selasa (7/11/2023).

Diterima di ruang rapat Sekda NTB, Pengurus DPP ASLI yang hadir yakni; Sekretaris Jenderal (Sekjen), Mahrip; Bendahara Umum (Bendum), H Rizal Yasri, dan hadir pula Pengrakse Agung Majelis Adat Sasak (MAS), Dr HL Sajim Sastrawan, SH., MH.

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Sekjen DPP ASLI, Mahrip menyampaikan kepada Pj Sekda NTB, Dr H Fathurrahman, M.Si dan Pengrakse Agung MAS, Dr HL Sajim Sastrawan, SH., MH., bahwa ASLI berkeinginan untuk melaksanakan Silatnas Semeton Sasak Lombok pada Desember 2023 mendatang. Di mana, saat Silatnas nanti, semua tokoh-tokoh Sasak Lombok sedunia akan berkumpul di Lombok.

‘’Sehubungan pada bulan Desember tersebut bertepatan dengan HUT NTB, maka sebagai rasa syukur seluruh masyarakat ingin membuat roah bersama dengan menyajikan dulang sebanyak 10 ribu dulang. Kegiatan roah dengan 10 ribu dulang bisa memecahkan Rekor MURI yang akan diterima Pemerintah Daerah NTB,’’ kata Mahrip.

Bendum DPP ASLI, H Rizal Yasri mengatakan, seluruh pengurus ASLI dari semua daerah di Indonesia dan luar negeri siap menghadiri acara Silatnas yang dirangkaikan dengan HUT NTB.

‘’Insya Allah 300-500 orang pengurus ASLI dan tokoh-tokoh Sasak yang berada di luar NTB, siap hadir menyukseskan acara ini,’’ kata H Rizal, sapaan Bendum DPP ASLI yang merupakan pengusaha berdomisi di Bali ini.

Sementara itu, Pj Sekda NTB, Dr H Fathurrahman, M.Si mengapresiasi dan menyambut baik rencana Silatnas tersebut. Bahkan, Fathurrahman mengaku akan segera menyampaikan rencana Silatnas tersebut kepada Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs HL Gita Ariadi, M.Si serta mempersiapkannya.

Terkait rencana pemecahan Rekor MURI dengan menyajikan 10 ribu dulang yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dari berbagai suku di NTB, tentunya dinilai sangat bagus sebagai rasa syukur atas HUT NTB dan menjaga suasana kondusif menjelang pelaksanaan event politik Pemilu 2024.

Hal senada juga disampaikan Pengrakse Agung MAS, Dr HL Sajim Sastrawan, SH., MH. Pada prinsipnya, ia menyambut baik dan menyatakan diri siap untuk berkolaborasi dengan ASLI dan semua pihak untuk melaksanakan kegiatan Silatnas pada Desember 2023 mendatang.

‘’Saat acara roah dengan menyajikan 10 ribu dulang itu, Majelis Adat Sasak berharap agar sekaligus juga menampilkan budaya kesenian Sasak Lombok dan kesenian dari daerah lain yang ada di NTB. Ini juga sekaligus sebagai event untuk promosi budaya dan pariwisata NTB kita,’’ kata Sajim.(Sid)