Kakanwil Kemenag NTB Keluarkan Jurus Sakti di YPP Al – Amin NW Sepit – Keruak

Kakanwil Kemenag NTB, H Zamroni Aziz
Kakanwil Kemenag NTB, H Zamroni Aziz.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Momen penamatan santri tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di YPP Al – Amin NW Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupten Lombok Timur (Lotim), pada Senin (10/6/2024) benar-benar semarak dan memberikan sukacita dengan kehadiran Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, H Zamroni Azis, SHI, MH didampingi Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Lombok Timur (Kakan Kemenag Lotim), HM Shulhi S.Pd, M.Pd.

Kehadiran orang nomor satu di jajaran Kanwil Kemenag NTB itu benar-benar menjadi spirit dan memompa semangat semua pihak di lingkungan YPP Al – Amin NW Sepit. Pasalnya, kehadirannya di sebuah acara level bawah seperti itu adalah hal yang jarang terjadi mengingat agenda penting dalam memanag enej jajarannya bisa jadi amat sulit mengatur waktu. Namun faktanya bagi Kakanwil yang satu ini ternyata sangat peduli untuk turun langsung jika memiliki kelonggaran waktu.

Demikianlah salah satu pointer yang dikemukakan Ketua YPP Al – Amin NW Sepit, Lalu M Kamil Ab yang juga penulis artikel ini dalam kesempatan memberikan sambutan pertama pada acara yang dihadiri tidak kurang dari 300-an wali santri dan tokoh masyarakat setempat ditambah kehadiran puluhan Kepala KUA wilayah selatan Lombok Timur atas instruksi langsung Kakanwil Kemenag NTB melalui Kakan Kemenag Lombok Timur.

Tanpa berlama-lama, usai sambutan Ketua YPP Al – Amin NW Sepit, langsung sambutan pamungkas oleh Kakanwil Kemenag NTB, H Zamroni Aziz. Tanpa banyak basa-basi, diawal berdiri di podium, H Zamroni Azis melakukan tembak di tempat dengan jurus sakti. Dia mengatakan, seperti laporan ketua yayasan tadi, bahwa YPP Al – Amin NW Sepit sedang giat-giat membangun dan merenovasi gedung baik MTs (Madrasah Tsnawiyah) maupun MA (Madrasah Aliyah).

Untuk itu, mantan Kakan Kemenag Lombok Tengah itu menyatakan siap menyumbang 100 zak semen dari pribadinya. Tak hanya itu, Zamroni Aziz juga menginstruksikan Kakan Kemenag Lotim menyumbang minimal 50 zak dari kantong pribadinya, menyusul semua kepala KUA yang berkesempatan hadir menyumbang minimal 10 zak dari koceh pribadi pula. Tak ketinggalan, pengawas madrasah juga kena tembak di tempat minimal sama dengan sumbangan kepala KUA.

Atas gebrakan langsung pria kelahiran Desa Bonder, Praya Barat itu, tak ada satupun yang menolak, semua menyatakan siap dengan diberi dateline paling lambat Sabtu yang akan datang. Tembakan Kanwil Kemenag NTB tak berhenti sampai di situ, seluruh jamaah atau tokoh yang hadir hingga para Kadus (kepala dusun) termasuk Pemdes Sepit juga tak luput jadi sasaran tembakannya. Seluruh wali santri yang putra-putrinya tamat tahun ini juga dijatahi masing-masing 2 zak per wali santri. Para kadus dijatahi 10 zak. Hingga angka yang tercatat jumlah semen yang terkumpul sekitar 180-an zak semen dalam waktu 10 menit.

Lebih jauh Zamroni Azis menyatakan, dirinya meyakini bahwa keberadaan YPP Al – Amin NW Sepit sejak berdiri pasti sudah banyak memberi jasa mendidik putra-putri bangsa sehingga menjadi orang sukses. Karenanya, dia meminta seluruh hadirin untuk berpikir bahwa menyumbang dengan cara ini adalah sebagai wujud kepedulian demi keberlangsungan lembaga pendidikan sebagai tempat pembentukan karakter generasi yang memiliki tiga kecerdasan yakni ‘’kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual’’.

Terakhir, Ketua Forum Kakanwil Kemenag se-Indonesia itu menceritakan dan mengenang riwayat saat dirinya ber-KKN di Desa Sepit ketika menyelesaikan study S1 di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Mataram yang sekarang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Zamroni Aziz mengenang ketika praktik mengajar selama sebulan saat KKN di MTs Al – Amin NW Sepit ini yang dia sebut tak mustahil dirinya menjadi seperti ini berkah dari mengabdikan diri di tempat ini.(Kml)