Hari Pertama, Pelaksanaan UN SMP di Loteng Tanpa Kendala

UN: Suasana siswa SMP Negeri 1 Praya, Lombok Tengah yang melaksanakan UN dengan system Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama tingkat SMP/MTs di Kabupaten Lombok Tengah berjalan lancar. Seperti yang terlihat di SMP Negeri 1 Praya, Lombok Tengah yang melaksanakan UN dengan system Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

UN: Suasana siswa SMP Negeri 1 Praya, Lombok Tengah yang melaksanakan UN dengan system Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Kepala SMP Negeri 1 Praya, Majri mengatakan, pelaksanaan UN di hari pertama ini, tidak ada masalah. Baik itu dari jaringan internet, server maupun perlengkapan lainnya. ‘’Alhamdulillah tidak ada kendala. Semua berjalan lancar,’’ kata Majri kepada wartawan di kantornya, Selasa (02/5).

Untuk pelaksanaan UNBK ini, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan jauh hari sebelumnya. Baik dari persiapan siswa dalam menghadapi UN maupun perlengkapan perangkat UNBK. Begitu juga dengan persiapan untuk mengantisipasi pemadaman listrik, pihaknya menyediakan genzet. Dan dalam mengantisipasi gangguan internet, pihaknya menyiapkan modem. ‘’Jumlah peserta UNBK di SMP Negeri 1 Praya ini sebanyak 362 siswa. Dan UN ini dilaksanakan secara tiga sesi,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Tengah, H Jumadi mengatakan, dari beberapa laporan sub rayon yang melaksana UN hari ini, memang ada permasalahan kekurangan naskah soal seperti di SMPN 1 Batukliang, SMPN 1 Pujut, dan MTs Paok Tawah. Tapi, persoalan itu sudah bisa diselesaikan., sehingga pelaksanaan UN di Loteng tetap berjalan lancar. ‘’Kekurangan naskah soal itu diambilkan dari sub rayon lain yang mengalami kelebihan soal,’’ ungkapnya.

Sementara itu, jumlah siswa yang melaksanakan UNBK tahun 2017 ini terdiri dari SMP sebanyak 588 siswa, dan MTs sebanyak 1.086 siswa. Sedangkan jumlah peserta yang melaksanakan UNPK terdiri dari SMP sebanyak  7.502 siswa dan MTs sebanyak 7.109 siswa. ‘’Jumlah peserta UN tingkat SMP/ MTs tahun 2017 di Lombok Tengah mencapai sebanyak 16.285 peserta,’’ jelasnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *