Gubernur NTB Tinjau Kesiapan Pelabuhan Pelindo III Cabang Lembar

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (tengah) saat meninjau Pelabuhan Bongkar Muat Pelindo III Lembar.
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (tengah) saat meninjau Pelabuhan Bongkar Muat Pelindo III Lembar.

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Bayu Windya dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Hj Budi Septiani meninjau Pelabuhan Bongkar Muat Pelindo III Cabang Lembar, Selasa (13/8).

Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan secara langsung kondisi dan kesiapan fasilitas Pelabuhan Bongkar Muat yang dikelola PT Pelindo III Cabang Lembar alam mendukung rencana Pemprov NTB melakukan impor sapi dari Australia.

General Manager (GM) Pelindo III Cabang Lembar, Erry Ardiyanto mengatakan, pihaknya sangat siap dalam mendukung proses bongkar muat sapi-sapi yang akan didatangkan dari Australia ke NTB tersebut.

Ia menjelaskan fasilitas bongkar muat yang dimiliki Pelindo III Cabang Lembar saat ini dinilai cukup memadai untuk mendukung program Pemprov NTB. Selain itu, saat ini Pelindo III Cabang Lembar juga telah dilengkapi fasilitas timbangan dengan kapasitas 35 ton.

Untuk awal, sebagai tahapan uji coba, Pemprov NTB berencana akan mendatangkan 500-1.000 ekor sapi dari Negara Kanguru itu. Sambil terus melakukan penataan dan menyiapkan kandang-kandang kolektif di NTB sebagai tempat melakukan proses penggemukan sapi.

Selain meninjau kesiapan pelabuhan, Gubernur Zul bersama calon investor, Hendri juga meninjau kesiapan rumah potong hewan (RPH) Banyumulek dan kandang kolektif yang berada di Lembar.

Ke depan, Provinsi NTB dirancang sebagai centra produsen sapi dan daging nasional. Sapi-sapi yang didatangkan dari Australia ini, terlebih dahulu akan dilakukan penggemukan di NTB, sebelum dilakukan pemotongan dan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *