Warga NTB Harus Berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (kiri).
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (kiri).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan terobosan besar untuk sensus penduduk tahun 2020. Kegiatan yang dilakukan setiap 10 tahun sekali ini, kini dilaksanakan secara online.

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah melaksanakan sensus penduduk online di ruang kerjanya, Senin (17/2). Bersama beberapa pejabat dari BPS Provinsi NTB yang hadir mendampingi, Wagub Rohmi juga mengajak seluruh masyarakat NTB bisa berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan pengumpulan data demografi ini.

Menurutnya, sensus penduduk tahun 2020 menawarkan sistem yang sangat mudah. Pasalnya, sensus penduduk ini menggunakan sistem online yang bisa diakses melalui handphone android dan dilakukan kapan saja dan di mana pun, dengan durasi waktu sekitar 15 menit untuk setiap rumah tangga. ‘’Warga NTB harus ikut berpartisipasi sensus penduduk online, karena caranya sangat mudah,’’ katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi NTB, Arrif Candra menjelaskan, sensus penduduk 2020 akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yakni sensus penduduk online dilakukan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Tahap kedua, sensus penduduk dengan wawancara langsung ke setiap rumah. ‘’Jika sensus penduduk online belum merata, maka kami akan turun langsung ke lapangan dan mewawancarai sekaligus membimbing masyarakat untuk ikut berpartisispasi kegiatan sensus penduduk yang dimulai pada tanggal 1-31 Juli 2020,’’ ujarnya.

Sesuai Surat Edaran Gubernur NTB Nomor 371 tahun 2019 yang ditujukan kepada bupati/wali kota se-NTB, pimpinan OPD lingkup Pemerintah NTB, lembaga vertikal lainnya serta tokoh masyarakat, untuk ikut mendukung dan berperan aktif pada setiap tahapan kegiatan sensus penduduk 2020. Terutama untuk mengimbau seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan sensus penduduk online dengan cara mengakses website: sensus.bps.go.id dan memberikan jawaban benar dan apa adanya.

Adapun langkah-langkah pengisian sensus penduduk online sebagai berikut:

  1. Masuklah ke laman: www.sensus.bps.go.id
  2. Masukkan nomor KK dan NIK
  3. Klik kotak kosong pada captcha lalu klik ‘’cek keberadaan’’
  4. Jika pertama kali melakukan akses spo buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang sesuai, lalu klik ‘’buat pasword’’
  5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik ‘’masuk’’
  6. Bacalah panduan awal mengenai pengisian spo, lalu klik ‘’mulai mengisi’’
  7. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
  8. Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
  9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol kiri
  10. Unduh atau kirim bukti pengisian ke email anda dengan mengisikan alamat email.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *