Direktur RS Manambai: Turis Rusia Negatif Virus Corona

Direktur Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir, dr Arindra Kurniawan.
Direktur Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir, dr Arindra Kurniawan.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Direktur Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir, dr Arindra Kurniawan mengatakan, pasien inisial P asal Rusia, dilaporkan tidak mengarah kepada positif terjangkit virus Corona. Pasien ini didiagnosis mengalami muntah-muntah, demam dan diare. Tapi setelah dilakukan observasi dan pemeriksaan, petugas medis tidak menemukan indikasi yang mengarah kepada virus tersebut.

‘’Sekitar jam 14.00 Wita tadi, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan stakeholders lainnya. Pasien dirujuk dari Puskemas Alas. Tidak ada gangguan pernafasan setelah didukung dengan hasil labolatorium dan Rontgen yang mengarah ke diagnosa covid-19,’’ kata dr Arindra Kurniawan dalam keterangan resminya hari ini, Selasa (3/3).

Pasien ditangani khusus oleh dokter spesialis paruh dan kini ditetap sebagai pasien atau Orang Dalam Pemantauan (ODP). Informasi terakhir kata Dirut, pasien inisial P, warga Rusia tersebut tidak lagi demam dan tengah dalam proses pemulihan diare.

Sementara itu, Polda NTB memastikan tengah melakukan penyelidikan atas seluruh akun yang menyebarkan informasi positif corona terhadap pasien warga asing di media sosial. Salah satu isu hoax tersebar terhadap warga Rusia yang dirawat di Sumbawa Besar.

‘’Sementara ini, isu dan akun medsos yang menyebarkan info bohong soal positif Corona kita kasih stempel hoax. Dan akun-akun ini tengah kami lidik,’’ kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, SIK kepada pers Selasa malam.

Sebelumnya, pihak RSUP Manambai menyebut, bahwa P adalah wisatawan asal Rusia yang melakukan perjalanan dari Italia, Thailand dan Malaysia sebelum ke Indonesia. Ia ditemukan oleh warga Desa Lekong, Kecamatan Alas Barat dan dilarikan ke Puskesmas setempat sebelum akhirnya dirujuk ke RSUP Manambai.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) yang disebabkan oleh Virus Corona (SARS-COV-2). Hanya saja, Gubernur Zul meminta bahwa kewaspadaan itu tidak dilakukan berlebihan, apalagi menimbulkan kepanikan. ‘’Ikuti saja saran para ahli dan dari pemerintah guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,’’ kata Gubernur Zul dalam akun FB-nya yang dirilis ke publik.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *