Pemprov NTB Mulai Menata Landscape IC

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat menanam pohon di area halaman Islamic Center.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB secara resmi sudah mulai melakukan penataan landscape Islamic Center (IC) Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jum’at (19/6). Penanaman pepohonan, bunga-bunga yang indah serta rumput hijau menjadi pilihan dalam menambah keelokan bangunan yang rampung pada tahun 2013 itu. Hal ini tentu mendukung program NTB Hijau yang digagas oleh Pemprov NTB.

Tiba dengan mengendarai sepeda, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah kemudian meninjau lokasi serta mendengarkan paparan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Moh Faozal yang menyampaikan site plan pagar bunga hidup landscape yang akan diterapkan di Islamic Center (IC). Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi pula oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi; Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTB, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov NTB.

Gubernur dalam kesempatan itu memberikan beberapa masukan terkait penataan halaman IC. Ia meminta agar konsep dan pengerjaannya ke depan tidak asal-asalan. Begitu pula dengan ketersedian air di masa kemarau, sehingga tanaman tetap hijau dan subur. ‘’Itu pohon ketapang kencana, itu bagus sekali, apalagi kalau kita lihat di Singapura kalau sudah besar itu indah sekali, namun posisinya harus diatur agar tidak terlalu berdekatan,’’ saran Gubernur. Keterlibatan OPD terkait pun diminta lebih intensif, mengingat IC telah menjadi salah satu destinasi wisata khas NTB.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTB, Baiq Eva Nurcahyaningsih berharap dengan penataan halaman IC ini dapat kembali mendorong menggeliatnya pariwisata di NTB. Selain itu, ia turut menyinggung protokol kesehatan Covid-19 yang harus tetap diterapkan ke depannya. Penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak diminta tetap dilakukan saat akan bekerja dan keluar rumah. ‘’Di era pandemi ini, tentunya tugas-tugas kita tidak akan terhenti, tetap kita akan melakukan kerja-kerja kita ke depan untuk mencapai tujuan-tujuan kita yang sudah kita tentukan,’’ katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Moh Faozal menuturkan bahwa pengerjaan untuk tahap satu akan mulai dilakukan hari ini. Tepatnya di area depan Gedung Pendidikan, selain juga tanaman, rumput-rumputnya pun akan segera diganti dan akan dilakukan peremajaan termasuk pula konsep pagar hidup. ‘’Kira-kira pekerjaan di Gedung Pendidikan ini akan kita selesaikan dalam waktu tiga bulan, termasuk pemeliharaannya,’’ katanya.

Sementara untuk pengerjaan tahap kedua akan dilakukan di halaman depan gedung utama IC. Faozal berharap proses penataan IC dapat berjalan lancar, begitu juga dengan tanaman yang akan ditata, diharapkan mampu tumbuh dengan subur. ‘’Jenis tanaman kita sudah siapkan, mudah-mudahan semuanya bisa hidup karena kita memasuki musim kering di bulan Juni dan Agustus. Tetapi akan kita siapkan dua sumur bor untuk membantu pompa dan juga penyiraman ketika musim kemarau,’’ ujarnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply