Pemprov Siap Ekspansi UMKM Lokal NTB Keluar Daerah

Sekda NTB,HL Gita Ariadi, di ruang kerjanya saat menjadi narasumber kegiatan diskusi secara daring dengan tema ‘’Pemberdayaan UMKM ala NTB di tengah Pandemi Covid-19’’, Kamis (30/7).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Setelah mendapatkan apresiasi positif dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) siap mengembangkan sayap atau ekspansi dan memberdayakan UMKM lokal NTB keluar daerah. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) NTB,HL Gita Ariadi, di ruang kerjanya saat menjadi narasumber kegiatan diskusi secara daring dengan tema ‘’Pemberdayaan UMKM ala NTB di tengah Pandemi Covid-19’’, Kamis (30/7).

Gita Ariadi menegaskan, Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah akan terus mendorong kemajuan UMKM di daerah ini. ‘’Kami tetap mendorong kemajuan UMKM NTB, karena bagi kami UMKM memberikan efek positif yang sangat luar biasa,’ katanya.

Gita Ariadi juga memaparkan strategi dan langkah-langkah yang diupayakan Pemprov NTB dalam memajukan UMKM di NTB. Langkah-langkah tersebut antara lain; pertama, UMKM lokal akan diberikan penguatan teknologi berupa bantuan alat produksi, pelatihan SDM dan penguatan pasar. Kedua, menjaga lapangan pekerjaan dengan bantuan keringanan pajak. Hal ini diikhtiarkan karena Pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Oleh karena itu, menurut Gita Ariadi, relaksasi pajak ini harus diniatkan sungguh- sungguh dan butuh political will. Yaitu tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga kebijakan nasional. Ketiga, bagaimana NTB akan memfasilitasi berbagai beban-beban yang harus ditanggung oleh dunia usaha termasuk BPJS dan perizinan investasi.

Gita Ariadi menjelaskan bahwa langkah-langkah tersebut dapat terus berkembang sebagai ikhtiar Pemprov NTB dalam mengembangkan UMKM lokal di NTB. ‘’Salah satu contohnya seniman, bagaimana dapat memberdayakan berbagai karyanya di hotel-hotel kita dan menempatkannya pada tempat wisata. Inilah wujud kita mencintai produk lokal itu,’’ ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Politik NTB, Dr Iwan Harsono yang turut hadir mengatakan, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah NTB adalah hal yang luar biasa dan harus didukung bersama. Selain langkah untuk mengurangi pengangguran di NTB, kemudian pemberdayaan UMKM juga sebagai bentuk kecintaan terhadap produk lokal NTB. ‘’Ya tentu dengan upaya ini kita bisa melihat bagaimana lapangan berbicara. Dan bagi saya, kalau program ini terus diikhtiarkan, maka saya bisa pastikan UMKM di NTB akan maju dan angka pengangguran akan berkurang,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply