Wagub NTB Minta Kesehatan Harus Diprioritaskan

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat meresmikan Posyandu Keluarga di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kamis (15/10).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOMBOK UTARA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Revitalisasi Posyandu sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sudah mulai terlihat hasilnya. Hampir semua Posyandu sudah menjadi Posyandu Keluarga. Hari ini, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah kembali meresmikan Posyandu Keluarga di Kabupaten Lombok Utara, Kamis (15/10).

‘’Di tengah pandemi ini, kita dapat pelajaran bahwa kesehatan harus diletakkan sebagai salah satu prioritas utama pada kehidupan masyarakat. Artinya, kesehatan itu tidak boleh kita abaikan dalam hidup kita, kesehatan harus nomor satu. Pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita bahwa kesehatan harus diletakkan paling depan,’’ kata Wagub.

Wagub menuturkan bahwa Posyandu Keluarga ini adalah salah satu ikhtiar dalam meningkatkan kesehatan. Namun, fungsinya bukan hanya untuk kesehatan saja, tapi Posyandu Keluarga ini adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan lain selain kesehatan seperti pencegahan pernikahan anak dan sosialisasi bahaya narkoba.

Pada masa pandemi ini, kata Wagub, pengoperasian Posyandu Keluarga harus sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini disampaikan agar tidak ada penularan di Posyandu Keluarga, yang mana fungsinya untuk memberikan kesehatan justru akan mendatangkan penyakit. ‘’Saya sudah melihat Posyandu Keluarga-nya, tinggal disesuaikan pelayanannya bagaimana diatur sesuai keadaan. Artinya, tidak terlalu berkerumun, tidak harus dalam satu waktu yang bersamaan,’’ ujarnya sembari mengapresiasi Posyandu Keluarga ini karena telah menjadi Posyandu Keluarga yang terintegrasi dengan bank sampah. Jadi, program unggulan zero waste dapat diwujudkan dari Posyandu Keluarga.

Sementara itu, Plt Bupati KLU, H Sarifudin yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Wagub yang telah mengadakan program ini di KLU. Ia berharap, masyarakat KLU terus bersemangat dalam meningkatkan kesehatan dari Posyandu Keluarga. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk sungguh-sungguh dalam mengembangkan dan merawat Posyandu Keluarga ini, bukan hanya dijadikan kegiatan seremonial belaka, agar keinginan untuk menjadikan masyarakat dengan tingkat kesehatan tinggi menjadi nyata. ‘’Jadikanlah momentum ini momentum yang baik untuk meneruskan apa yang dicita-citakan negara kita, bahwa masyarakat Indonesia harus menjadi masyarakat yang sehat, generasi kita menjadi generasi yang sehat, yang Insya Allah akan menjadi pemimpin di masa depan,’’ katanya.

Kepala Desa Anyar, Rusni juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Wagub. Ia berharap dengan hadirnya Wagub ini dapat menambah semangat masyarakat Desa Anyar untuk mengembangkan Posyandu Keluarga.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply