Gubernur NTB Serukan Gerak Cepat Tangani Kebakaran Batu Rotok

157
Inilah insiden kebakaran yang terjadi di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa.
Inilah insiden kebakaran yang terjadi di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sesaat setelah mengetahui kabar bencana kebakaran di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah langsung menyampaikan rasa dukanya kepada masyarakat yang tertimpa musibah. Gubernur pun menyerukan kesigapan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam menangani musibah ini.

‘’Innalillahi wainnailaihi rojiuun, semoga saudara kita di Batu Rotok diberi kekuatan menghadapi musibah ini,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang baru saja mendampingi Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Pulau Lombok.

Selanjutnya, Gubernur langsung memerintahkan OPD terkait bergerak untuk memberikan bantuan. ‘’Insya Allah Pemerintah Provinsi NTB sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk segera mengirimkan bantuan. Koordinasi dan komunikasi Dinas Sosial dan BPBD terus dilakukan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Sumbawa, Zainal Abidin langsung meminta dinas terkait untuk menyiapkan bantuan yang akan dikirimkan. ‘’Besok pagi kami segera berangkat,’’ katanya.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra langsung mengerahkan kekuatannya mengumpulkan bantuan. Sejumlah terpal, makanan dan minuman langsung dibawa berangkat ke Batu Rotok. Namun sayang, perjalanan malam ini nampaknya hanya sampai Desa Sebeok, Kecamatan Orong Telu, mengingat akses darat ke Batu Rotok yang terputus. Selain Polres, Kodim 1607/Sumbawa juga langsung bergerak mengumpulkan makanan dan minuman yang bisa dibawa.

Informasi sementara dari BPBD Sumbawa menyebutkan puluhan rumah terbakar dalam musibah ini. Malam ini, sejumlah logistik yang tersedia di BPBD Provinsi NTB segera dikirimkan kepada korban kebakaran. Adapun logistik yang akan dikirimkan sesuai konfirmasi dari Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Ammy adalah 250 lembar terpal, 250 lembar selimut, 20 kotak peralatan keluarga, 20 kotak perlengkapan kebersihan,  20 lembar tikar dan 50 paket bantuan lainnya.

Jumlah logistik tersebut akan menyesuaikan jika sudah mendapat laporan resmi di lapangan berkaitan jumlah yang terdampak kebakaran. BPBD NTB pun terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumbawa untuk memantau perkembangan situasi pasca musibah tersebut.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here