MTQ Nasional 2020, 9 Kafilah NTB Raih Juara

Ketua Dewan Hakim, Prof Dr H Roem Rawi saat membacakan keputusan dewan hakim terkait pemenang MTQ Nasional XXVIII, pada acara penutupan MTQ Nasional, di Masjid Raya Sumbar, pada Jumat malam (20/11).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

PADANG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sebanyak 9 (sembilan) wakil Provinsi NTB berhasil meraih juara di ajang MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kafilah dari NTB telah menunjukkan penampilan terbaiknya selama Musabaqah berlangsung.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim Nomor: 02/Kep.DH/MTQ-XXVIII/2020 tentang Penetapan Peserta Terbaik I, II, III dan Harapan I, II dan III pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, muncul sembilan nama wakil NTB yang meraih Juara Terbaik maupun Juara Harapan.

Hasil itu diumumkan dalam rangkaian penutupan MTQ Nasional di Masjid Raya Sumbar. ‘’Keputusan dewan hakim tidak dapat diganggu gugat,’’ kata Ketua Dewan Hakim, Prof Dr H Roem Rawi saat membacakan keputusan dewan hakim, Jumat malam (20/11).

Adapun empat peserta asal NTB yang menjadi Peserta Terbaik pada ajang MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 yaitu Qariah Terbaik 1 atas nama Riski Jumiati pada Cabang Tilawah Al-Quran Golongan Tuna Netra, Qari Terbaik 2 atas nama M Zaitun Ridwan pada Cabang Tilawah Al-Quran Golongan Tuna Netra, L Moh Khairurrazaq Alhafizi, Hafizh Terbaik 2 pada Cabang Hifzh Al-Quran Golongan 30 Juz dan Qariah Terbaik 3 atas nama Sulistiawati pada Cabang Qiraat Al-Quran Golongan Qiraat Murottal Dewasa.

Sementara lima peserta dari NTB yang meraih Juara Harapan pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 yaitu Qariah Harapan 2 atas nama Gadis Eva Rofida pada Cabang Tilawah Al-Quran Golongan Anak-Anak, Qari Harapan 3 atas nama Muhammad Alwi pada Cabang Tilawah Al-Quran Golongan Remaja, Qari Harapan 1 atas nama Ahlul Hijar pada Cabang Qiraat Al-Quran Golongan Qiraat Murottal Dewasa, Qari Harapan 3 atas nama Ahmad Qodri Cabang Qiraat Al-Quran Golongan Qiraat Mujawwad Dewasa, dan Hafizh Harapan 2 atas nama M Maulana Aqiyas pada Cabang Hifzh Al-Quran Golongan 10 Juz.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi selaku Ketua LPTQ Provinsi NTB hadir langsung dan menyaksikan kegemilangan para Kafilah NTB. ‘’Walaupun kita mengirim setengah dari kekuatan yang semestinya (22 dari 56 orang), kita mampu memperoleh juara sebanyak 9 orang dari 22 peserta yang kita kirim,’’ kata Sekda NTB usai pengumuman pemenang.

Provinsi NTB mendapat peringkat ke-9 dari 32 provinsi yang ikut serta pada kompetisi yang diadakan dua tahun sekali tersebut. Peringkat ke-9 tersebut sesuai dengan Keputusan Dewan Hakim MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 Nomor: 03/Kep.DH/MTQ-XXVIII/2020 tentang Penetapan Juara Umum dan Peringkat 10 Besar MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Adapun Juara Umum pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 diraih oleh Provinsi Sumatera Barat. ‘’Alhamdulillah, MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020, Provinsi NTB berada pada peringkat 9 secara nasional,’’ ujar HL Gita Ariadi yang pada kesempatan tersebut turut didampingi Kepala Biro Kesra Setda Provinsi NTB, H Syukur Ahmad Masyhuri.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply