Gubernur dan Wagub NTB Siap Divaksin Covid-19

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kiri) dan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (kanan).

Oleh: ABDUL RASYID ZAENAL |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyan dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, akan menerima vaksinasi Covid-19, di Gedung Graha Bakti Kantor Gubernur NTB, pada Kamis (14/1). Vaksinasi tersebut juga akan diikuti oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi NTB, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga dari perwakilan organisasi profesi.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut dan khawatir terhadap keamanan dan kehalalan Vaksin Covid-19. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi oleh isue negatif atau hoax tentang vaksin yang selama ini banyak beredar. ‘’Yakinlah bahwa pemerintah tidak mungkin akan mencelakakan masyarakatnya,’’ kata Gubernur.

Gubernur menjelaskan, mutu dan kemanan Vaksin Covid-19 tidak perlu diragukan lagi, karena sudah melalui tahapan fase uji klinis tahap 1, 2 dan 3. Terlebih BPOM sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dan juga dari  MUI sudah mengeluarkan fatwa No.2/2021 terkait kehalalan dari Vaksin Covid-19.

Vaksinasi tahap I diberikan kepada para tenaga kesehatan dan petugas yang bekerja di fasilitas kesehatan (Faskes), karena mendapatkan risiko tertular Covid-19 yang lebih besar. Tahap berikutnya akan diberikan kepada para petugas pelayanan publik, yaitu petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat seperti; TNI, Polri, petugas bandara, pelabuhan, stasiun, dll. Dilanjutkan dengan kelompok risiko tinggi lainnya, yaitu merupakan kelompok usia produktif dan berkontribusi pada sektor perekonomian termasuk pendidikan.

Gubernur menekankan, dengan vaksinasi tidak berarti protokol kesehatan diremehkan, masyarakat tetap harus melaksanakan 3 M (memakai masker, tetap mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak) serta petugas kesehatan tetap melaksanakan 3 T (testing, tracing dan treatment). ‘’Semoga dengan vaksinasi ini kita dapat terbebas dari Pandemi Covid-19 dan kita dukung vaksinasi Covid-19. Ayo lindungi diri dan keluarga dari Covid-19. Kesehatan pulih ekonomi bangkit. Di masa Pandemi Covid-19 saat ini, vaksin sangat berguna untuk melindungi diri dari Covid-19 dan merupakan ikhtiar kita untuk menciptakan herd immunity/kekebalan bersama. Vaksin ibarat payung yang melindungi kita dari hujan. Semakin banyak dari kita yang memakai payung, maka semakin banyaklah yang terlindungi,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *