Buka Pameran Keliling, Wagub NTB Minta Museum Terus Berinovasi

foto bersama
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah didampingi Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (tengah) saat foto bersama usai peresmian pameran keliling museum NTB.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah meminta Museum Negeri Provinsi NTB untuk terus berbenah dan berinovasi lebih banyak agar kedepannya semakin menarik dan banyak dikunjungi oleh masyarakat.

‘’Hadirkan sesuatu yang memiliki inovasi dan daya tarik bagi pengunjung,’’ kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat membuka Kegiatan Pameran Keliling Museum Negeri NTB Tahun 2021, di Aula Birrul Walidain YPH PPD NWDI Pancor, pada Selasa (22/6).

Pameran Keliling Museum kali ini dengan mengusung tema ‘’Sejarah dan Kepurbakalaan NTB’’ yang juga didampingi Asisten 1 dan Kadis Dikbud NTB.

Wagub mengatakan, selain sebagai tempat edukasi sejarah masa lampau, jadikan museum sebagai tempat yang nyaman dan indah dengan berbagai inovasinya. Sehingga masyarakat, para pelajar hingga Perguruan Tinggi senang datang dan betah serta merasa nyaman berlama-lama di meseum. ‘’Sehingga museum dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,’’ katanya lagi.

Tidak hanya itu, menurut Wagub, museum juga harus mengikuti perkembangan teknologi dan informatika. Di era digital, manfaatkan media sosial untuk mempublikasi hal menarik di museum. Untuk itu, pameran seperti ini tidak hanya untuk memenuhi kewajiban saja. Akan tetapi dapat diperkenalkan kepada seluruh masyarakat se-NTB. ‘’Sehingga tolok ukur keberhasilan pameran ini adalah respon dan antusias masyarakat,’’ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy menyambut baik pameran ini. Karena Lotim memiliki banyak benda purbakala, namun tidak terarsip dengan baik dan rapi. ‘’Kedepan kami ingin membangun museum untuk Lombok Timur, sinergi dan kebersamaan dengan Pemrov NTB agar dapat membantu merealisasikamnya,’’ kata Bupati Sukiman.

Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin mengatakan, Pameran Keliling Museum Negeri NTB Tahun 2021 merupakan program museum. ‘’Tujuan pameran ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga mengenal Museum NTB,’’ katanya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *