Umum  

Pemkab Lotim Gelar Bimtek Pengendalian Intern Pemerintahan

Sekda Lotim
Sekda Lotim, HM Juaini Taopik (tengah) saat memberikan kata pengantar pada pembukaan Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) Terintegrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, di Rupatama 2 Kantor Bupati Lotim, pada Rabu (18/8/2021).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID –  Dengan perencanaan yang bagus, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) bisa meminimalisir munculnya hal-hal yang tidak diinginkan sebagai penyelenggara pemerintahan.

Demikian pernyataan Sekda Lotim, HM Juaini Taopik sebagai kata pengantar pada pembukaan Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) Terintegrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, di Rupatama 2 Kantor Bupati Lotim, pada Rabu (18/8/2021).

Karenanya Sekda menekankan, SPIP ini menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai penunjuk arah merumuskan program dan kegiatan. Melalui SPIP juga diharapkan agar seluruh kepala OPD dapat mengendalikan bagian internal, seperti aset dan anggaran.

Transparansi informasi saat ini menjadi sebuah kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Untuk itu, Pemerintah wajib memberikan pelayanan terbaiknya kepada publik tanpa adanya diskriminasi. Adanya SPIP terintegrasi akan semakin memudahkan pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat, sehingga diperlukan perencanaan yang baik, berkualitas dan sesuai dengan peraturan.

Pembukaan Bimtek ini dihadiri pula oleh Kepala BPKP NTB, Tim Penilaian Mandiri Pemda, Asesor, Tim Penjamin Kualitas Inspektorat dan Pimpinan OPD. Bimtek dijadwalkan berlangsung dua hari hingga Kamis (19/8/2021).

Bimtek tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan menyatukan persepsi seluruh OPD dan APIP yang akan melaksanakan penilaian maturitas SPIP. Bimtek diikuti Kasubbag Program/Perencanaan masing-masing OPD, Assesor Pemda (Bappeda, BPKAD dan Inspektorat) serta Tim PK Inspektorat Daerah.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *