Wagub NTB Bilang BPK Berkontribusi Besar Kawal Pengelolaan Keuangan Daerah

Sertijab Kepala BPK NTB
Suasana serah terima Kepala Perwakilan BPK NTB, dari Ade Iwan Ruswana diganti oleh Heri Purwanto, di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat (Lobar), pada Senin (11/10/2021).

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengatakan, geliat pembangunan NTB pasca gempa 2018 lalu dan pandemi Covid-19 tak lepas dari kontribusi besar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam mengawal pengelolaan keuangan daerah.

‘’Begitupula dengan kabupaten/kota yang terus bangkit dan berlari mengatasi keadaan sulit,’’ kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dalam acara serah terima Kepala BPK Perwakilan NTB, Ade Iwan Ruswana yang dimutasi ke Kalimantan Tengah (Kalteng) dan digantikan oleh Heri Purwanto yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan Maluku, di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat (Lobar), pada Senin (11/10/2021).

Wagub mengatakan, predikat WTP 10 kali berturut-turut merupakan pembuktian bahwa pembangunan NTB berada dalam situasi yang baik. Wagub juga menyebut penanganan pandemi Covid-19 makin baik, sehingga NTB telah berada di level 1.

Untuk itu, Wagub juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan NTB atas sinergi dan kolaborasi selama ini.

Sementara itu, Ketua IV BPK RI, Harry Aziz Azhar mengatakan, dalam pengelolaan APBN/APBD ada empat indikator utama dalam penggunaan anggaran sesuai amanat Undang-Undang Dasar (UUD) yakni angka kemiskinan, pengangguran, indeks gini rasio dan indeks pembangunan manusia.

‘’Keempat hal ini menjadi capaian maksimal dari pengelolaan anggaran selain capaian minimal laporan keuangan yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),’’ kata Harry.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here