Rakor Diskominfotik Dorong Perda SPBE

Najamuddin Amy
Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pentingnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus diperkuat dengan peraturan daerah (Perda) di kabupaten/kota.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi NTB, Najamudin Amy dalam rapat koordinasi (Rakor) Diskominfotik se-NTB. Urgensi SPBE dalam pelayanan publik mensyaratkan penguatan aturan agar penyelenggara pemerintahan terutama di kabupaten/kota tak setengah hati melakukan perbaikan dalam pelayanan. Terlebih digitalisasi program pembangunan diyakini akan mudah terintegrasi.

‘’Bank data sektoral seperti di KLU misalnya akan mudah diintegrasikan dengan NTB Satu Data sebagai aplikasi terbuka. Begitu pula dengan penggunaan aplikasi bersama lainnya seperti NTB Care hingga keamanan data seperti tanda tangan elektronik,’’ kata Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy.

Di sisi lain, kata Najamuddin, Diskominfotik yang terdiri dari dinas di kabupaten/kota tak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi karena untuk tujuan yang sama, tak membutuhkan kompetisi.

Direncanakan pula nota kerja sama Forum Data yang telah disepakati draftnya akan ditandatangani pada Desember mendatang bertepatan dengan HUT NTB.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here