Hanya dalam 3 Hari Herd Immunity Lombok Timur ‘’Meroket’’

HM Juaini Taopik
Sekda Lotim, HM Juaini Taopik.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Capaian herd immunity Kabupaten Lombok Timur (Lotim) patut diacungkan jempol. Berdasarkan keterangan pers yang disampaikan Forkopimda Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dalam jumpa pers, pada Senin (8/11/2021), di Rupatama Kantor Bupati Lotim menyebutkan, capaian vaksinasi Covid-19 di Bumi Patuh Karya hingga Senin (8/11/2021) sudah menembus angka 70,21 persen.

‘’Alhamdulillah, capaian Vaksinasi Covid-19 di Lotim per hari Senin (8/11/2021) hingga pukul 11.15 Wita sudah mencapai 70,21 persen. Artinya, secara epidemiologi kita sudah mencapai herd immunity,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) Lotim, H Fathurrahman pada acara jumpa pers yang juga dihadiri Sekda Lotim, HM Juaini Taopik; Kapolres Lotim, AKBP Herman Suriyono; Dandim 1615/Lotim, dan tim Satgas Covid-19 Polda NTB.

Dengan demikian, kata Fathurrahman, herd immunity secara otomatis Kabupaten Lombok Timur hanya dalam rentan 3 hari meroket dari level III per 5 November kemarin langsung ke level l.  Penempatan level I tersebut ditentukan oleh 3 indikator termasuk tambahan indikator berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 24 per bulan Juli 2021 lalu. Indikatornya, transmisi komunitas, kapasitas respon dan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taopik mengatakan, meski secara manual telah mencapai herd immunity 70,21 persen lebih dari jumlah penduduk 952,470, masih terdapat selisih data. ‘’Dari real time, tepatnya pada pukul 11.15 Wita, posisi 70,21 persen sudah terbentuk. Tentu upaya tindak lanjutnya 70 persen ini masih di dosis pertama, kita akan meningkatkan capain di dosis kedua,’’ katanya.

Dikatakan Sekda, berdasarkan rumus nasional dengan V-Care data yang terinput masih 63 persen, sehinga ada selisih 7 persen. Berdasarkan hal tersebut akan dilakukan input data manual ke V-Care oleh Batalyon V-Care yang langsung berpusat di Polres Lombok Timur, di mana data yang menjadi acuan Pemerintah Pusat adalah data V-Care.

Hal yang sama juga disampaikan, Kapolres Lombok Timur, AKBP Herman Suriyono. Kapolres mengapresiasi semangat kerja para Nakes (tenaga kesehatan), Babinsa, Babinkamtibmas dan Pemkab. Di mana, telah bekerja keras dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19, sehingga herd immunity terwujud di Lotim. ‘’Saya sangat mengapresiasi dedikasi dan pengorbanan pihak terkait, utamanya para Nakes atas komitmen dan kerja kerasnya,’’ kata Kapolres.(Sid/Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *