Gubernur NTB Turun Dengar Aspirasi Masyarakat Maluk terkait Keberadaan Smelter

Smelter
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat dengar asprasi masyarakat Maluk terkait keberadaan Smelter.

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dalam kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak hanya bertemu Bupati Sumbawa Barat dan para tokoh masyarakat, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah juga turun dan mendengarkan langsung aspirasi serta harapan warga masyarakat kepada pemerintah.

‘’Berdialog dengan masyarakat Maluk sore ini tentang keberadaan Smelter di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Alhamdulillah, masyarakat sangat terbuka dan gembira dengan dimulainya pembangunan Smelter ini,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, yang ditemui usai kegiatan, di Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Rabu (16/2/2022).

Gubernur menyampaikan bahwa sebenarnya masyarakat sangat mendukung pembangunan Smelter. Masyarakat hanya ingin hidup dan menggeliatkan ekonomi bersama. ‘’Yang jadi impian masyarakat sederhana saja, mereka ingin Maluk seperti dulu lagi, di mana karyawan-karyawan tambang bisa hidup dan berinteraksi di Maluk, bukan di dalam tambang. Interaksi dan hidup bersama ini akan menggeliatkan ekonomi masyarakat dan mencegah munculnya tensi sosial di tengah masyarakat,’’ ujarnya.

Gubernur yakin suara hati masyarakat ini akan sampai dan masyarakat akan segera memperoleh kondisi seperti yang diharapkan. ‘’Saya kira harapan ini harus dipahami dengan baik oleh perusahaan untuk hidup harmonis dengan masyarakat dan berumur panjang. Perusahaan tak boleh dimaknai sebagai mesin ekonomi semata, tapi harus lebih dimaknai sebagai community of human,’’ jelasnya.

Berdasarkan hasil verifikasi PT Sucofindo selaku lembaga verifikator independen, proses persiapan pembangunan Smelter oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) sudah berjalan sebesar 27,56 persen. Persiapan pembangunan yang sudah berjalan meliputi masalah lahan, detail engineering design (DED), dan nota kesepahaman pembangunan Smelter antara PT AMNT dengan perusahaan dari China selaku mitra bisnisnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *